Kompas TV internasional kompas dunia

China Resmikan Jalan Tol Lintas Gurun Pertama

Kompas.tv - 27 Desember 2021, 07:13 WIB
china-resmikan-jalan-tol-lintas-gurun-pertama
Foto dari udara ini menunjukkan sejumlah kendaraan berat melakukan pengaspalan di sebuah jalan tol lintas gurun di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 16 Juli 2021. (Sumber: Antara )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

XINJIANG, KOMPAS.TV - China resmi mengoperasikan Jalan bebas hambatan lintas gurun. Tepatnya di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, resmi dibuka untuk lalu lintas pada Sabtu (25/12/21). Jalan tersebut dibangun untuk memangkas waktu perjalanan antarkota di Xinjiang utara.

Jalan tol yang menghubungkan Prefektur Altay dengan Urumqi, ibu kota Daerah Otonom Uighur Xinjiang, itu membentang sekitar 343 kilometer. Sejumlah seksi sepanjang lebih dari 150 kilometer, dibangun melintasi Gurun Gurbantunggut, padang pasir terbesar kedua di China.

Jalan bebas hambatan itu akan membantu mempersingkat waktu perjalanan antarkota di Xinjiang utara dan meningkatkan kondisi perjalanan.

Baca Juga: Fatal! Laboratorium di Australia Salah Berikan Hasil Negatif Covid-19 ke 400 Orang, Ternyata Positif

Waktu tempuh antara Altay dan Urumqi bisa berkurang separuhnya, menjadi sekitar tiga setengah jam. Pengemudi bisa memacu kendaraannya hingga kecepatan maksimum 120 kilometer per jam. 

Jalan tol tersebut juga dirancang untuk menjadi jalan dengan pengalaman wisata. Lantaran memungkinkan para pengemudi dan penumpang menikmati beragam pemandangan indah dan layanan di sepanjang jalan, serta memfasilitasi pembangunan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui rute itu.

Baca Juga: Teleskop Antariksa James Webb Sukses Diluncurkan, Ditugaskan Mencari Tanda-Tanda Kehidupan

 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x