Kompas TV internasional kompas dunia

Jumlah Kasus COVID-19 di Rusia Cetak Rekor, Lebih Dari 121.000 Kasus Per Hari

Kompas.tv - 31 Januari 2022, 06:45 WIB
jumlah-kasus-covid-19-di-rusia-cetak-rekor-lebih-dari-121-000-kasus-per-hari
Seorang petugas medis membawa pasien COVID-19 di Kommunarka, Rusia, Sabtu, 29 Januari 2022. Pada Minggu, 30 Januari 2022, kasus harian COVID-19 di Rusia mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

MOSKOW, KOMPAS.TV - Jumlah harian infeksi virus corona baru di Rusia melonjak menjadi lebih dari 121.000 pada Minggu. Jumlah ini meningkat delapan kali lipat dibandingkan dibandingkan dengan awal bulan Januari, ketika varian omicron mulai menyebar ke seluruh negeri.

Gugus tugas virus corona Rusia melaporkan terdapat 121.288 infeksi baru selama 24 jam terakhir. Jumlah ini merupakan tertinggi sepanjang masa dan 8.000 lebih banyak dari sehari sebelumnya.

Jumlah infeksi di negara itu telah meroket sejak awal Januari, ketika hanya terjadi sekitar 15.000 kasus baru yang dihitung per hari.

Gugus tugas mengatakan 668 orang meninggal karena COVID-19 pada hari Minggu. Jumlah ini menjadikan jumlah total kematian Rusia untuk pandemi menjadi 330.728 orang, dan sejauh ini merupakan yang terbesar di Eropa.

Baca Juga: Bukan Pasukan, Inggris akan Kirim Senjata dan Berikan Sanksi Berat Jika Rusia Serang Ukraina

Meskipun infeksi melonjak, pihak berwenang telah menghindari memaksakan pembatasan besar untuk membendung lonjakan, dengan mengatakan sistem kesehatan telah mengatasi masuknya pasien.

Awal bulan ini, parlemen Rusia menunda kebijakan untuk memberi pembatasan pada warga yang tidak divaksinasi.

Dan pekan ini pejabat kesehatan memangkas masa isolasi yang diwajibkan bagi mereka yang melakukan kontak dengan pasien COVID-19, dari 14 hari menjadi tujuh hari, tanpa memberikan penjelasan apa pun terkait langkah tersebut.

Rusia hanya pernah memberlakukan lockdown selama satu kali, yaitu pada tahun 2020. Sedangkan pada Oktober lalu, warga Rusia diperintahkan untuk tidak bekerja selama satu minggu untuk meredam lonjakan kasus COVID-19.

Baca Juga: Rusia Geser Lokasi Latihan Pertempuran Laut di Lepas Pantai Irlandia setelah Dublin Meradang

Badan statistik negara Rusia, yang menggunakan kriteria penghitungan yang lebih luas daripada gugus tugas, menempatkan jumlah kematian akibat pandemi di negara itu jauh lebih tinggi, dengan mengatakan jumlah kematian terkait virus antara April 2020 dan Oktober 2021 adalah lebih dari 625.000 kematian.

Seperti dikutip dari The Associated Press, hanya sekitar setengah dari 146 juta orang Rusia telah divaksinasi penuh, meskipun Rusia menyatakan telah menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui dan meluncurkan vaksin virus corona yang dikembangkan di dalam negeri.
 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x