Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Polandia Bersedia Kirim MiG-29 Bekas ke Ukraina Asalkan Dapat Ganti F-16 Canggih dari AS

Kompas.tv - 6 Maret 2022, 16:56 WIB
polandia-bersedia-kirim-mig-29-bekas-ke-ukraina-asalkan-dapat-ganti-f-16-canggih-dari-as
MIG-29 Polandia. Amerika Serikat saat ini tengah berdiskusi dengan Polandia untuk mengganti jet tempur Polandia jika Warsawa memutuskan memberikan MiG-29 bekasnya ke Ukraina, seperti dilaporkan Politico, Sabtu, 5 Maret 2022. (Sumber: Chris Lofting / Wikimedia)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) tengah berdiskusi dengan Polandia terkait gagasan penyerahan jet tempur MiG-29 bekasnya kepada Ukraina. Sebagai gantinya, Warsawa mengincar jet tempur F-16 buatan AS.

Seorang pejabat Polandia mengatakan seperti dikutip Financial Times, Sabtu (5/3/2022), “Polandia tidak dalam keadaan perang dengan Rusia, tetapi bukan negara yang tidak memihak, karena mendukung Ukraina sebagai korban agresi. Bagaimanapun, ini mempertimbangkan bahwa semua masalah militer harus menjadi keputusan NATO secara keseluruhan.”

Polandia dilaporkan mengincar jet tempur F-16 untuk mengganti MiG-29 tua mereka yang akan diberikan kepada Ukraina, di tengah kepanikan negara-negara Barat mencari senjata yang bisa diberikan kepada Ukraina untuk melawan serbuan Rusia, seperti dilansir Politico, Sabtu.

Ketika Polandia mempertimbangkan untuk mengirim pesawat tempurnya ke Ukraina pekan lalu, Warsawa bertanya kepada Gedung Putih apakah pemerintahan Presiden Joe Biden dapat menjamin akan memberi mereka F-16 untuk mengisi celah kosong akibat penyerahan MiG-29 kepada Ukraina tersebut.

Gedung Putih mengatakan akan mempelajari permintaan Polandia dan kerumitan yang melingkupinya.

Pemerintahan Biden tidak menentang keputusan pemerintah Polandia memberikan MiG-29 kepada Kiev, yang berpotensi meningkatkan ketegangan antara NATO dan Moskow. Namun Polandia hingga saat ini masih menyimpan jet tempur buatan Rusia mereka.

Diskusi antara Warsawa dan Washington masih berlangsung, meskipun otorisasi untuk jet tempur pengganti baru ke Polandia bisa memakan waktu lama.

“Kami bekerja dengan Polandia dalam masalah ini dan berkonsultasi dengan sekutu NATO kami lainnya,” kata seorang juru bicara Gedung Putih kepada Politico.

“Kami juga sedang mencari jalan tentang yang dapat kami berikan untuk mengisi kembali Polandia jika memutuskan untuk mentransfer pesawat ke Ukraina.”

Baca Juga: Penampakan Pangkalan Militer Ukraina yang Direbut Rusia di Kherson

MiG-29 Polandia dan F-16 Polandia, kiri dan tengah, serta F-22 AS di pangkalan NATO Polandia. Amerika Serikat saat ini berdiskusi dengan Polandia untuk mengganti jet tempur Polandia jika Warsawa memutuskan memberikan MiG-29 bekasnya ke Ukraina, seperti dilaporkan Politico, Sabtu, 5 Maret 2022. (Sumber: AP Photo / Alik Keplicz)

Beberapa negara Eropa Timur seperti Polandia, Bulgaria, dan Slowakia menyimpan puluhan jet tempur buatan Rusia dalam inventaris mereka dan ragu-ragu untuk menyerahkan pesawat-pesawat itu tanpa jaminan dari AS untuk mendapat gantinya.

Polandia memodernisasi armada pesawatnya sejak tahun 2006 ketika pertama kali mulai menerbangkan F-16, dan pada 2020 menandatangani kesepakatan senilai $4,6 miliar dolar untuk 32 unit jet tempur canggih F-35, yang pertama akan tiba pada 2024.




Sumber : Kompas TV/Politico/Financial Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x