Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Kembali Umumkan Gencatan Senjata Rabu, Buka Koridor Evakuasi Warga Sipil dari 5 Kota Ukraina

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 05:22 WIB
rusia-kembali-umumkan-gencatan-senjata-rabu-buka-koridor-evakuasi-warga-sipil-dari-5-kota-ukraina
Seorang ibu dan anak Ukraina, menunggu naik bus di perbatasan di Medyka, Polandia, Selasa, 8 Maret 2022. Rusia kembali umumkan jeda pertempuran mulai pukul 10 pagi, Rabu, (9/3/2022), siap buka koridor evakuasi dari Kiev, Chernihiv, Sumy, Kharkiv dan Mariupol. (Sumber: AP Photo/Visar Kryeziu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia kembali mengumumkan gencatan senjata terbaru mulai pukul 10 pagi waktu Moskow pada Rabu (9/3/2022).

Seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (8/3) bersamaan dengan itu Rusia juga menyatakan siap menyediakan koridor evakuasi dari lima kota Ukraina seperti Kiev, Chernihiv, Sumy, Kharkiv dan Mariupol, bersama dengan kota-kota lain dinegosiasikan dengan pihak Ukraina.

Kolonel Jenderal Rusia Mikhail Mizintsev mengatakan, militer Rusia mengumumkan akan berhenti menembak pada pukul 10 pagi hari ini waktu Moskow untuk membiarkan warga sipil pergi dengan selamat melalui koridor kemanusiaan dan evakuasi warga sipil.

Rusia mendesak perlunya saluran komunikasi berkelanjutan dengan Ukraina untuk bertukar informasi mengenai evakuasi warga sipil dan orang asing.

Pihak Rusia mengusulkan agar Kiev memberi tahu perwakilan kedutaan besar negara-negara asing, dan organisasi internasional yang berlokasi di wilayah Ukraina tentang gencatan senjata dan penyediaan koridor kemanusiaan pada pukul 3 pagi waktu Moskow hari ini.

Baca Juga: Zelensky Tegaskan Ukraina Siap Dialog, tetapi Tak Akan Menyerah

Seorang anak perempuan duduk di tempat perlindungan bom di Mariupol, Ukraina, Senin, 7 Maret 2022. Rusia kembali umumkan jeda pertempuran mulai pukul 10 pagi, Rabu, (9/3/2022), siap buka koridor evakuasi dari Kyiv, Chernihiv, Sumy, Kharkiv dan Mariupol. (Sumber: AP Photo/Evgeniy Maloletka)

"Informasi tentang koridor evakuasi dari Kiev, Chernihiv, Sumy, Kharkiv dan Mariupol akan dikirim ke Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk pada hari Rabu," kata Markas Besar Koordinasi Rusia untuk Respon Kemanusiaan di Ukraina.

Seorang Pejabat Ukraina mengatakan, penembakan Rusia membuat warga sipil tidak mungkin menggunakan koridor pada hari Selasa kemarin meskipun kesepakatan dicapai sehari sebelumnya.

Militer Rusia membantah klaim tersebut, dan balik menuduh Ukraina hanya mengizinkan warga sipil untuk menggunakan satu koridor dari kota Sumy dan memblokir rute lain dari Kiev, Chernihiv, Kharkiv dan Mariupol.



Sumber : Associated Press/CNN



BERITA LAINNYA



Close Ads x