Kompas TV internasional kompas dunia

10 Hari Pertama Ramadan Masjidil Haram: 1 Juta Hidangan Berbuka dan 8 Juta Liter Zamzam Dibagikan

Kompas.tv - 12 April 2022, 23:52 WIB
10-hari-pertama-ramadan-masjidil-haram-1-juta-hidangan-berbuka-dan-8-juta-liter-zamzam-dibagikan
Sebanyak 8 juta liter Zamzam dan 1 juta porsi makanan berbuka puasa dibagikan kepada pengunjung Masjidil Haram di Makkah selama sepuluh hari pertama Ramadan (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

RIYADH, KOMPAS.TV -  Delapan juta liter air Zamzam dan 1 juta porsi makanan berbuka puasa dibagikan kepada pengunjung Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi selama sepuluh hari pertama Ramadan.

Seperti laporan Arab News, Selasa (12/4/2022), delapan juta liter tersebut didistribusikan dalam tiga juta botol sekali pakai, melalui 25.000 kontainer yang tersebar di sekitar masjid. Lalu 250 tas ransel yang dibawa oleh karyawan, 58 gerobak pintar dengan kapasitas masing-masing 80 liter, dan 33 gerobak khusus yang masing-masing menampung 100 botol di kawasan mataf.

Lebih dari 100 staf dikerahkan ke berbagai pintu masuk masjid, 100 di antaranya bertugas menyambut pengunjung, mengarahkan mereka, mengatur arus massa, dan mendukung personel keamanan dalam mengarahkan orang dari satu bagian ke bagian lain saat beribadah saat kapasitas penuh.

Masjid juga dibersihkan 100 kali pada sepertiga pertama Ramadan oleh 4.000 karyawan. Setiap kali dibersihkan, digunakan 1.300.000 liter desinfektan dan 25.000 liter wewangian.

Selain itu, satu juta makanan buka puasa juga dibagikan kepada pengunjung di Masjidil Haram di Makkah selama 10 hari pertama Ramadan tahun ini.

Baca Juga: Arab Saudi Tambah Kuota Jemaah Haji Jadi 1 Juta Orang, Ini Aturan Lengkapnya

Jamaah meminum air zamzam di masjidil haram, Mekah. 8 juta liter Zamzam dan 1 juta porsi makanan berbuka puasa dibagikan kepada pengunjung Masjidil Haram di Makkah selama sepuluh hari pertama Ramadan (Sumber: Arab News)

Saudi Press Agency melaporkan, sejumlah organisasi amal dan beberapa lembaga pemerintah berkumpul untuk menyediakan makanan.

Kepala Bagian Pelataran Masjidil Haram, Musa bin Muhammad Al-Kiyadi menjelaskan, ada 100 pekerja yang dikerahkan untuk mengawasi acara buka puasa bersama di halaman masjid.

Sebanyak 8.000 pekerja mendistribusikan makanan setiap hari dan mereka terdiri dari air, kurma, jus, kue, dan kue kering.

Al-Kiyadi menambahkan, 10.000 tikar panjang, masing-masing sepanjang 12 meter, diletakkan di halaman masjid.

Sekitar 67 organisasi amal terlibat dalam penyediaan makanan dan penyebarannya dilakukan berkoordinasi dengan otoritas keamanan, dengan mempertimbangkan jalur dan kapasitas lalu lintas pejalan kaki, kendaraan dinas, dan skuter mobilitas.




Sumber : Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x