Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Berhasil Uji Coba Sistem Pertahanan Laser Anti Serangan Udara, Cegat Rudal, Mortir, dan Roket

Kompas.tv - 15 April 2022, 06:13 WIB
israel-berhasil-uji-coba-sistem-pertahanan-laser-anti-serangan-udara-cegat-rudal-mortir-dan-roket
Israel berhasil menguji coba sistem pertahanan laser anti-peluru kendali terbaru yang berhasil mencegat mortir, roket, peluru kendali dan rudal anti-tank dalam uji coba baru-baru ini, kata para pemimpin Israel, Kamis, (14/4/2022) seperti laporan Associated Press, Jumat, (15/4/2022) (Sumber: Times of Israel)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

TEL AVIV, KOMPAS.TV — Israel berhasil menguji coba sistem pertahanan laser anti-peluru kendali terbaru yang sukses mencegat mortir, roket, peluru kendali dan rudal anti-tank, Kamis (14/4/2022).

Seperti laporan Associated Press, Jumat (15/4), para pemimpin Israel menyebut, uji coba sistem pertahanan laser anti-peluru kendali itu dilakukan dalam sebuah uji coba di Gurun Negev.

Sistem laser buatan Israel, yang dikenal sebagai Iron Beam, itu dirancang untuk melengkapi serangkaian sistem pertahanan udara, termasuk Iron Dome, sistem pertahanan udara penghadang serangan udara yang lebih mahal.

"Ini mungkin terdengar seperti fiksi ilmiah, tapi ini nyata," kata Perdana Menteri Naftali Bennett.

"Intersepsi Iron Beam tidak bersuara, tidak terlihat dan harganya hanya sekitar 3,50 dollar AS per buahnya", tambahnya.

Sedikit yang diketahui tentang keefektifan sistem laser, tetapi Israel mengharapkan sistem senjata terbaru itu dapat digunakan di darat, di udara, dan di laut.

Tujuannya adalah untuk menyebarkan sistem laser di sekitar perbatasan Israel selama dekade berikutnya untuk melindungi Israel dari serangan.

Baca Juga: Kapal China Sorot Laser ke Pesawat Patroli, Australia Berang

Pengumuman yang dikeluarkan itu juga berarti sebuah kiriman pesan ke musuh Israel, termasuk musuh bebuyutan mereka, Iran.

Pengumuman itu datang menjelang peringatan 11 hari perang Israel-Gaza, di mana kelompok militan Hamas yang berkuasa di Gaza menembakkan lebih dari 4.000 roket ke arah Israel.

Israel mengatakan, sistem pertahanan Iron Dome mereka sukses besar, dengan tingkat intersepsi atau pencegatan 90 sukses terhadap tembakan roket yang masuk. Tetapi para pejabat mengatakan sistem Iron Dome terlalu mahal untuk diterapkan.




Sumber : Associated Press/Times of Israel


BERITA LAINNYA



Close Ads x