Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Menkeu AS Ikut Sebagian Pertemuan G20 dan IMF serta Bank Dunia Walau Rusia Hadir

Kompas.tv - 19 April 2022, 06:52 WIB
menkeu-as-ikut-sebagian-pertemuan-g20-dan-imf-serta-bank-dunia-walau-rusia-hadir
Menteri Keuangan AS Janet Yellen berbicara kepada Dewan Atlantik, pada 13 April 2022, di Washington. Yellen dalam pertemuan musim semi negara-negara ekonomi besar dan IMF serta World Bank akan bertemu PM Ukraina dan akan menghindari bertemu delegasi Rusia (Sumber: AP Photo/Jacquelyn Martin)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Menteri Keuangan AS Janet Yellen selama pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia minggu ini di Washington akan berusaha menghindari kontak dengan pejabat Rusia yang berencana menghadiri beberapa bagian dari acara Kelompok 20 secara virtual. Pada saat yang sama Yellen berencana untuk bertemu dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal, seperti laporan Associated Press, Selasa, (19/4/2022).

Serangan Rusia ke Ukraina, dan bagaimana kekuatan dunia harus mengelola dampaknya pada ekonomi, termasuk kerawanan pangan, akan menjadi pusat perhatian pada pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional IMF dan Bank Dunia.

Hari Selasa, (19/4/2022) Yellen akan mengadakan panel menteri keuangan, bank pembangunan internasional dan lembaga lain untuk berbicara tentang bagaimana mereka akan menggunakan sumber daya untuk mengatasi kerawanan pangan.

Pertemuan tahun ini berlangsung hingga Jumat, dan mencakup campuran acara virtual dan tatap muka.

Pejabat keuangan Rusia diperkirakan akan menghadiri beberapa acara secara virtual, menurut seorang pejabat senior Departemen Keuangan AS yang berbicara dengan syarat anonim untuk melihat rencana pertemuan tersebut.

Yellen akan berpartisipasi jika seorang menteri Rusia ada di sana untuk satu atau dua sesi, tetapi tidak akan menghadiri setiap sesi, kata pejabat itu, seraya menambahkan kehadiran pejabat Rusia seharusnya tidak menghentikan pekerjaan yang perlu dilakukan AS dengan anggota G20, atau negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Baca Juga: Indonesia Umumkan Kehadiran Virtual Rusia di Pertemuan Menkeu G20 pada 20 April

Menteri keuangan Rusia Anton Siluanov. Indonesia, tuan rumah rangkaian KTT G20 hari Kamis (14/4/2022) mengumumkan Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov memastikan akan menghadiri pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral kelompok G20 secara virtual, (Sumber: Straits Times)

Ada beberapa sesi yang akan dihadiri Yellen, termasuk pembukaan, yang juga akan dihadiri oleh menteri keuangan Ukraina. Namun, dia tidak akan berpartisipasi dalam sejumlah sesi G20 jika Rusia menjadi peserta.

Presiden Joe Biden mengatakan Rusia harus dikeluarkan dari G20.




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x