Kompas TV internasional kompas dunia

Buku Edisi Pertama Harry Potter Dijual di Balai Lelang Christie's dengan Harga Penawaran Fantastis

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 06:15 WIB
buku-edisi-pertama-harry-potter-dijual-di-balai-lelang-christie-s-dengan-harga-penawaran-fantastis
Buku edisi pertama Harry Potter and the Philosopher's Stone, dengan beberapa kesalahan tulis dan ditandatangani langsung oleh penulis J.K. Rowling, akan dijual dalam pelelangan pribadi melalui Balai Lelang Christie's di London. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Buku edisi pertama Harry Potter and the Philosopher's Stone, dengan beberapa kesalahan tulis dan ditandatangani langsung oleh penulis J.K. Rowling, akan dijual dalam pelelangan pribadi melalui Balai Lelang Christie's di London.

Buku langka tersebut akan masuk penjualan dengan harga penawaran mulai dari 200.000 pound, seperti laporan Straits Times, Selasa (31/5/2022)

Buku tersebut adalah salah satu dari 500 eksemplar buku bersampul tebal yang dicetak pertama kali tahun 1997, yang tiga ratus eksemplar di antaranya dikirim ke berbagai perpustakaan.

Yang dijual oleh Christie's, sebagai bagian dari program "The Art of Literature: Loan and Selling Exhibition" yang akan datang, termasuk di antara 200 lainnya yang tidak masuk perpustakaan.

"Ada beberapa hal yang tampaknya salah dalam produksi bukunya," kata Mark Wiltshire, spesialis buku cetak dan kurator pameran "The Art of Literature", seperti dikutip Straits Times.

Baca Juga: Buku Edisi Pertama Harry Potter Terlelang dengan Nilai Fantastis, Capai Rp6,7 Miliar

Buku edisi pertama Harry Potter and the Philosopher's Stone, dengan beberapa kesalahan tulis dan ditandatangani langsung oleh penulis J.K. Rowling, akan dijual dalam pelelangan pribadi melalui Balai Lelang Christie's di London. (Sumber: Straits Times)

"Di sampul belakang, misalnya, the philosopher, yang tentu saja merupakan kata kunci... adalah 'philospher' yang salah eja, di mana abjad 'o', 'o' kedua (dalam philosopher) itu hilang."

Juga di halaman 53, dalam daftar item yang diminta murid untuk dibawa ke Hogwarts bersama mereka, 'one wand' atau 'satu buah tongkat' diulang dua kali."

Sementara Rowling saat itu bukanlah penulis terpandang, buku tentang dunia penyihir menjadi hit besar di seluruh dunia, menelurkan banyak seri buku dan menghasilkan waralaba film besar.

"Dalam banyak hal, buku ini adalah manifestasi fisik dari memori ajaib bagi begitu banyak orang dan itulah yang membuatnya sangat diinginkan," kata Wiltshire.

Acara "Seni Sastra" Christie terbuka untuk umum dan digelar pada 7-15 Juni.

Baca Juga: 3 Fakta Reuni Harry Potter "Return to Hogwarts", Tayang Januari 2022

Buku edisi pertama Harry Potter and the Philosopher's Stone punya beberapa kesalahan tulis yang membuatnya menjadi langka. Pada edisi pertama yang hanya tersedia 200 eksemplar tersebut ada kekurangan satu abjad 'o' pada kata 'philosopher's', dan dua kali menyebut kata 'satu tongkat'. (Sumber: Straits Times)

Buku edisi pertama Harry Potter sebelumnya terjual seharga USD471.000 di Amerika Serikat pada Kamis, 9 Desember 2021, yang menurut juru lelang merupakan harga rekor dunia untuk sebuah karya fiksi abad ke-20 seperti laporan Straits Times.

Buku Harry Potter And The Philosopher's Stone terbitan Inggris tahun 1997 itu berbentuk hardcover, dengan ilustrasi berwarna di sampulnya, saat itu digambarkan oleh Heritage Auctions sebagai "ajaib, sangat terang, dan sangat nyaris murni".

Buku itu diterbitkan di Amerika Serikat sebagai Harry Potter And The Sorcerer's Stone.

Pada pelelangan di Amerika Serikat akhir tahun lalu, buku itu dijual oleh seorang kolektor Amerika dan nama pembelinya tidak dirilis.

Penulis Inggris J.K. Rowling menulis enam buku lanjutan tentang petualangan anak yatim piatu penyihir yang terjual sekitar 500 juta kopi di seluruh dunia dalam 80 bahasa, kata penerbit AS, Scholastic.

Buku-buku itu diubah menjadi delapan film yang menghasilkan USD7,8 miliar di box office global.



Sumber : Kompas TV/Straits Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x