Kompas TV internasional kompas dunia

PM Australia Kunjungan Kenegaraan ke Indonesia

Kompas.tv - 5 Juni 2022, 13:13 WIB
pm-australia-kunjungan-kenegaraan-ke-indonesia
PM Anthony Albanese, hari Minggu (5/6/2022), mengatakan kunjungan kenegaraan pertamanya adalah ke Indonesia. (Sumber: South China Morning Post)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

SYDNEY, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Australia Anthony Albanese hari Minggu, (5/6/2022) mengatakan negara yang dituju pertama kali dalam kunjungan kenegaraannya adalah Indonesia.

Media Singapura, Straits Times, Minggu (5/6/2022), melaporkan bahwa hal itu menunjukkan pentingnya Indonesia bagi Australia, terutama saat Australia berupaya untuk lebih fokus di Tenggara Asia.

Albanese, sebelum pemilihan umum Australia, telah menegaskan garis kebijakan luar negerinya tentang Indonesia. Ia menggariskan prioritas utama untuk melihat lebih dekat keterlibatan antar negara.

“Indonesia sangat dekat, dekat sekali untuk menjadi, dan akan menjadi negara adidaya di dunia,” kata Albanese pada 18 Mei seperti laporan SBS Australia.

“Kita harus benar-benar memperkuat hubungan dengan Indonesia dan itulah mengapa itu akan menjadi prioritas mutlak bagi saya," tegas Albanese.

“Indonesia akan tumbuh menjadi ekonomi yang substansial di dunia. Kita hidup di wilayah, di mana di masa depan kita akan memiliki Cina, India dan Indonesia sebagai raksasa," tuturnya

“Kita perlu memperkuat kemitraan ekonomi itu dan salah satu cara yang bisa saya lakukan adalah dengan memperkuat hubungan antar masyarakat juga.”

Albanese akan berangkat hari Minggu, dan rencananya melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Jakara, serta Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: PM Australia Anthony Albanese ke Indonesia 5-7 Juni, Fokus Bahas Kerja Sama Ekonomi

Presiden Jokowi akan menerima kunjungan kenegaraan PM Australia Anthony Albanese hari Minggu, (5/6/2022). (Sumber: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Delegasi Australia juga akan menyertakan Menteri Luar Negeri Penny Wong dan Menteri Perdagangan Don Farrell.

"Kunjungan awal dengan delegasi tingkat tinggi dari Australia ini menunjukkan kepada teman-teman Indonesia kami tentang pentingnya hubungan," kata Albanese kepada wartawan di Perth.

Perjalanan itu dilakukan ketika pemerintah Partai Buruh baru Australia menempatkan fokus yang lebih besar pada hubungan dengan Asia Tenggara dan perubahan iklim, sebuah masalah yang penting bagi tetangganya di Pasifik, saat Australia berjuang mendapat hubungan dengan lebih banyak negara ditengah makin lugasnya China.

Kunjungan ke Indonesia akan menandai perjalanan luar negeri kedua Albanese sejak menjadi perdana menteri setelah ia menghadiri pertemuan para pemimpin kelompok Quad negara di Tokyo pada akhir Mei, namun perjalanan kenegaraan pertama ke sebuah negara secara bilateral.

"Pemerintah saya bertekad memiliki hubungan yang lebih baik di seluruh kawasan Indo-Pasifik, itulah sebabnya Anda melihat kami sejak awal mengirim Menlu Penny Wong dalam dua kunjungan ke Pasifik," kata Albanese kepada wartawan.

Menlu Penny Wong dan rekannya dari China, Menlu Wang Yi, baru-baru ini melakukan tur ke negara-negara kepulauan Pasifik, bersaing menggaet simpati di tengah meningkatnya ketegangan antara Australia dan China atas pengaruh di kawasan itu, dan ketika China mencari kesepakatan keamanan regional.

Penny Wong yang lahir di Malaysia, adalah Melu pertama Australia kelahiran luar negeri dan dia telah bertugas di pemerintahan Buruh yang mengadakan hubungan lebih dekat dengan tetangga Asia Tenggara seperti Indonesia.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/SBS Australia



BERITA LAINNYA



Close Ads x