Kompas TV internasional kompas dunia

Rumah Inggris Dirancang Menyimpan Panas, Jadi Bencana saat Suhu Luar Mencapai 40 Derajat Celsius

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 13:31 WIB
rumah-inggris-dirancang-menyimpan-panas-jadi-bencana-saat-suhu-luar-mencapai-40-derajat-celsius
Inggris yang berada di Eropa Utara catat suhu 40 derajat Celsius, tertinggi sepanjang sejarah, desain rumah Inggris yang menahan panas menjadi potensi bencana (Sumber: Financial Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV - Selama beberapa generasi, rumah di Inggris dirancang menyimpan panas, agar ketika memasuki musim dingin, suasana rumah masih terasa hangat.

Namun musim panas kali ini, Inggris mencatat rekor suhu tertinggi sepanjang sejarah, dimana suhu 40.3 derajat Celsius tercatat di Inggris wilayah tengah.

Seperti laporan New York Times, Rabu, (20/7/2022), kini menjaga rumah-rumah Inggris tetap dingin di musim panas tidak pernah terpikirkan sebelumnya, itupun jika terpikirkan sama sekali.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, setiap gelombang panas menjadi pengingat bahwa membeli satu atau dua kipas angin tidak akan selalu bisa menghentikan nestapa tingginya suhu musim panas.

Ada peningkatan minat di antara pengusaha pembangun rumah dan desainer, didorong aktivis dan pemerintah, untuk memastikan bahwa setiap rumah baru harus mampu membatasi panas berlebih di musim panas.

Sebuah peraturan baru, yang disebut Part O, mulai berlaku di Inggris mulai bulan Juni, yang mengharuskan rumah baru untuk sanggup menanggulangi panas berlebih.

Peraturan tersebut bertujuan mengurangi asupan panas sinar matahari, atau kenaikan suhu ruangan yang disebabkan oleh sinar matahari dan memastikan keselamatan penghuni, meskipun mungkin tetap tidak nyaman.

Aturan itu "akan membantu desainer, arsitek, dan insinyur membuat keputusan yang lebih tepat sehingga risiko panas berlebih dapat dikurangi di properti baru," kata Mark Siddall, kepala Praktik Arsitektur Energi Rendah.

Baca Juga: Inilah Penjelasan Kenapa Eropa Makin Jadi Pusat Gelombang Panas dengan Suhu Menusuk Tahun ini

Seringkali, katanya, kamar mendapatkan banyak panas melalui jendela besar yang berorientasi ke arah tertentu, sementara desain rumah di masa depan mungkin akan lebih menjaga agar panas udara luar tidak masuk secara berlebih maupun bisa disirkulasikan dengan baik.

Secara historis, desainer di Inggris tidak terlalu khawatir tentang overheating, kata Susie Diamond, pendiri di Inkling LLP.

"Kami tidak perlu dilindungi dari gelombang panas, jadi itu belum menjadi prioritas," katanya.

Tetapi perubahan iklim membuat gelombang panas menjadi lebih kerap terjadi, dimana musim panas semakin panas, dan diharapkan itu tidak lagi terjadi.

Diamond mengatakan desain bagus yang menghentikan panas berlebih,  termasuk jendela yang terbuka lebih lebar dan menambahkan kipas langit-langit, dapat memperbaiki banyak masalah tanpa harus menggunakan pendingin ruangan, yang jarang ada di rumah-rumah Inggris dan sering dianggap tidak ramah lingkungan dan tidak perlu, kecuali untuk beberapa hari setiap tahun.

Dalam dekade terakhir, Komite Perubahan Iklim, sebuah kelompok independen yang memberi nasihat kepada pemerintah Inggris, menyerukan peraturan bangunan yang lebih kuat untuk memerangi panas berlebih, bersama dengan program perkuatan untuk menangani rumah-rumah tua.

Sebuah laporan bulan Juni 2021 menyerukan perlindungan terhadap panas yang lebih baik, permukaan reflektif panas dan penutup hijau. 

Kegagalan membangun rumah baru tanpa memperhitungkan panas berlebih dapat "membuat banyak rumah yang ada dan yang baru menjadi tidak dapat dihuni karena kenaikan suhu".

 



Sumber : Kompas TV/New York Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x