Kompas TV olahraga sepak bola

Daftar Tim Lolos Perempat Final Euro 2024: Belanda dan Turki Lengkapi Bracket

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 07:23 WIB
daftar-tim-lolos-perempat-final-euro-2024-belanda-dan-turki-lengkapi-bracket
Penjaga gawang Austria Patrick Pentz, kiri, gagal menyelamatkan tembakan ke gawang Merih Demiral dari Turki saat laga babak enam belas besar antara Austria dan Turki pada turnamen sepak bola Euro 2024 di Leipzig, Jerman, Selasa, 2 Juli 2024. (Sumber: AP Photo/ Andreea Alexandru)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

LEIPZIG, KOMPAS.TV -  Piala Eropa (Euro) 2024 telah memasuki babak perempat final setelah seluruh pertandingan babak 16 besar usai digelar. Delapan tim terkuat Eropa berhasil melaju ke fase selanjutnya, dengan Belanda dan Turki menjadi dua tim terakhir yang memastikan tiket perempat final.

Babak 16 besar Euro 2024 ditutup dengan pertandingan antara Austria melawan Turki pada Rabu (3/7/2024) dini hari WIB. Sebelumnya, sejumlah pertandingan seru telah berlangsung dan menghadirkan beberapa kejutan.

Salah satu kejutan terbesar terjadi pada laga pembuka babak 16 besar yang digelar Sabtu (29/6). Tim juara bertahan, Italia, harus mengakui keunggulan Swiss dengan skor telak 2-0. Kekalahan ini sekaligus mengakhiri harapan Gli Azzurri untuk mempertahankan gelar juara mereka.

Sementara itu, tim unggulan lainnya, Inggris, harus berjuang keras untuk mengamankan tiket perempat final. The Three Lions berhasil menang tipis 2-1 atas Slovakia pada Minggu (30/6). Kemenangan dramatis ini diraih berkat gol-gol injury time yang dicetak oleh Jude Bellingham dan Harry Kane.

Baca Juga: Link Live Streaming Copa America 2024 Brasil vs Kolombia, Kick Off Jam 08.00 WIB

Pada hari yang sama, Spanyol tampil dominan dengan mengalahkan Georgia 4-1 di Koeln. La Roja menunjukkan kekuatan ofensif mereka dan menjadi salah satu tim yang mencatatkan kemenangan terbesar di babak 16 besar.

Tuan rumah Jerman juga berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah mengalahkan Denmark dengan skor 2-0. Kemenangan ini semakin memperkuat posisi Die Mannschaft sebagai salah satu favorit juara di turnamen ini.

Satu-satunya pertandingan yang harus ditentukan melalui adu penalti terjadi antara Portugal dan Slovenia. Kedua tim bermain imbang 0-0 selama waktu normal dan tambahan.

Pada akhirnya, Portugal berhasil menang 3-0 dalam adu penalti, dengan kiper Diogo Costa menjadi pahlawan setelah berhasil menepis tiga tendangan penalti lawan secara beruntun.

Baca Juga: Momen Ronaldo Menangis usai Gagal Eksekusi Penalti di Euro 2024 hingga Akhirnya Menebus Kegagalan

Jadwal Perempat Final Euro 2024

Laga pembuka babak delapan besar akan mempertemukan dua tim unggulan, Spanyol dan tuan rumah Jerman, pada Jumat (05/7) pukul 23:00 WIB.

Pertandingan menarik lainnya akan mempertemukan Portugal, yang diperkuat Cristiano Ronaldo, melawan finalis Piala Dunia 2022, Prancis. Laga ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (06/7) pukul 02.00 WIB.

Dua pertandingan tersisa akan digelar pada akhir pekan. Inggris akan menghadapi Swiss pada Sabtu (07/7) pukul 23:00 WIB.

Sementara itu, Belanda dan Turki akan bertemu pada Minggu (08/7) pukul 02.00 WIB untuk menutup rangkaian perempat final Euro 2024.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x