Kompas TV internasional kompas dunia

Sabuk "Rumble in the Jungle" Muhammad Ali Terjual Seharga Rp 92,5 miliar

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 05:36 WIB
sabuk-rumble-in-the-jungle-muhammad-ali-terjual-seharga-rp-92-5-miliar
Wasit Zack Clayton, kanan, melangkah masuk setelah Muhammad Ali menjatuhkan juara bertahan kelas berat George Foreman, pada ronde kedelapan pertarungan kejuaraan mereka pada 30 Oktober 1974, di Kinshasa, Zaire. Sabuk juara Ali dari pertarungan perebutan gelar kelas berat Rumble in the Jungle 1974 dijual di lelang pada hari Minggu, 24 Juli 2022, seharga $6,18 juta atau sekitar Rp 92,5 miliar. (Sumber: The Associated Press.)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

DALLAS, KOMPAS.TV — Sabuk juara Muhammad Ali dari pertarungan perebutan gelar kelas berat “Rumble in the Jungle” pada 29 Oktober 1974 terjual dalam lelang pada Minggu (24/7/2022) seharga $6,18 juta (sekitar Rp 92,5 miliar).

Menurut Heritage Auctions di Dallas, pemenang persaingan sengit untuk memenangkan lelang sabuk tersebut adalah pemilik Indianapolis Colts, Jim Irsay. 

Dalam sebuah tweet hari Minggu, Irsay mengkonfirmasi bahwa dia memperoleh sabuk tersebut untuk menjadi koleksi pameran musik rock, sejarah Amerika, dan memorabilia budaya pop yang saat ini sedang tur di negara itu.

Baca Juga: Kisah Petinju Perempuan Arab Saudi: Masih Remaja dan Bertarung Kemana-mana untuk Kalahkan Stereotipe

Sabuk itu akan ditampilkan pada 2 Agustus di Dermaga Angkatan Laut Chicago dan pada 9 September di Indianapolis.

“Setelah beberapa jam menyaksikan dua penawar bolak-balik memperebutkan sabuk ini, menjadi bukti bahwa pelelangan ini menjadi pertarungan yang layak untuk Rumble itu sendiri,” ujar Chris Ivy, Direktur Lelang Olahraga Heritage, seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Antusiasme Penonton Tinju Jelang Pertandingan Daud Yordan VS Panya Uthok!

Pertarungan tahun 1974 adalah salah satu momen tinju yang paling diingat. Ali menghentikan George Foreman untuk merebut kembali gelar kelas berat di Zaire, Afrika. Ali memenangkan pertarungan dengan KO di ronde kedelapan.

Pertarungan legendaris  keduanya dikenal dengan tajuk "Rumble in the Jungle" , yang membuat nama Ali melambung dan terkenal dengan sebutan "Si Mulut Besar". 

 

 

 

 



Sumber : The Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x