Kompas TV internasional kompas dunia

Agak Lain, Panglima Militer Pakistan Minta Bantuan AS agar Pinjaman IMF Segera Cair

Kompas.tv - 31 Juli 2022, 11:35 WIB
agak-lain-panglima-militer-pakistan-minta-bantuan-as-agar-pinjaman-imf-segera-cair
Panglima militer Pakistan Jenderal Qamar Javed Bajwa dilaporkan menghubungi Washington, minta bantuan Amerika Serikat amankan pencairan tahap awal pinjaman penting senilai US$1,7 miliar (Sumber: AP Photo/Anjum Naveed, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

ISLAMABAD, KOMPAS.TV - Panglima militer Pakistan dilaporkan menghubungi Washington, meminta bantuan Amerika Serikat (AS) mengamankan pencairan tahap awal pinjaman penting senilai US$1,7 miliar dari Dana Moneter Internasional IMF ke Pakistan, yang saat ini berjuang menghadapi krisis ekonomi yang semakin dalam, kata para pejabat Pakistan, Sabtu (30/7/2022).

Seperti laporan Associated Press, Minggu (31/7/2022), menurut beberapa pejabat pemerintah, Panglima Jenderal Qamar Javed Bajwa membahas masalah ini dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman, meminta Washington untuk menggunakan pengaruhnya dengan IMF untuk membantu Pakistan.

Seruan itu jarang dilakukan oleh panglima militer.

Hubungan Pakistan dengan Amerika Serikat bermasalah dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena masalah tetangga Afghanistan, yang sekarang diperintah oleh Taliban.

Hubungan AS - Pakistan tetap tegang terutama di bawah mantan Perdana Menteri Imran Khan, yang digulingkan dalam mosi tidak percaya di Parlemen pada bulan April.

Namun militer Pakistan, yang secara langsung memerintah negara itu selama lebih dari setengah dari 75 tahun sejarah negara, bekerja sama erat dengan AS dan merupakan sekutu resmi dalam perang melawan teror melawan al-Qaida.

Kementerian luar negeri Pakistan memastikan pada hari Jumat bahwa Bajwa dan Sherman telah berbicara.

"Saya memahami pembicaraan telah terjadi, tetapi pada tahap ini, saya tidak mengetahui langsung isi diskusi ini," kata juru bicara kementerian luar negeri Asim Iftikhar.

Baca Juga: Baru Dua Bulan Menjabat, Perdana Menteri Pakistan Hadiri Sidang Kasus Korupsi sebagai Terdakwa

Perdana Menteri Pakistan, Shahbaz Sharif. Panglima militer Pakistan dilaporkan menghubungi Washington, minta bantuan Amerika Serikat amankan pencairan tahap awal pinjaman penting senilai US$1,7 miliar. (Sumber: Anjum Naveed/Associated Press)

Para pejabat yang berbicara kepada The Associated Press pada hari Sabtu mengatakan diskusi terfokus pada pinjaman IMF.

Mereka berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Pakistan dan IMF awalnya menandatangani perjanjian bailout pada 2019.

Tetapi pelepasan tahap $1,7 miliar ditahan IMF sejak awal tahun ini, ketika IMF menyatakan keprihatinan tentang kepatuhan Pakistan dengan persyaratan kesepakatan di bawah Khan.

Pengganti Khan, Perdana Menteri Shahbaz Sharif dan pemerintahnya mencapai kesepakatan awal dengan IMF awal bulan ini untuk menghidupkan kembali paket bailout.

Perjanjian itu harus mendapat persetujuan dari dewan direksi IMF.

Pakistan mengharapkan pemulihan cepat dari bailout, tetapi IMF sejauh ini belum melakukan pencairan yang sangat dibutuhkan, yang mungkin mendorong Jenderal Bajwa berbicsra dengan Washington.




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x