Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Andriy Shevchenko dan Aktor Hollywood Ini Tinjau Bekas Perang, Minta Donasi Internasional ke Ukraina

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 13:47 WIB
andriy-shevchenko-dan-aktor-hollywood-ini-tinjau-bekas-perang-minta-donasi-internasional-ke-ukraina
Mantan pemain sekaligus pelatih Timnas Ukraina, Andriy Shevchenko dan aktor Amerika Serikat (AS), Liev Schreiber menyambangi kompleks apartemen yang rusak akibat bombardir Rusia di Borodyanka, pinggiran Kiev, Senin (15/8/2022). (Sumber: Evgeniy Maloletka/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

BORODYANKA, KOMPAS.TV - Legenda sepak bola Ukraina, Andriy Shevchenko dan aktor Hollywood, Liev Schreiber meminta donasi internasional untuk membantu Ukraina. Mereka menyampaikan permohonan itu ketika mengunjungi lokasi bekas serangan Rusia di Borodyanka, pinggiran Kiev, Senin (15/8/2022).

Shevchenko dan Schreiber mengunjungi suatu kompleks apartemen di Borodyanka yang rusak akibat bombardir Rusia. Bekas kebakaran masih terlihat di gedung yang disambangi dua selebriti itu.

“Orang-orang melihat ini sebagai sesuatu yang sekali terlewat. Namun, sebagaimana Anda bisa lihat, orang-orang hidup dengan itu (kerusakan perang) setiap hari,” kata Schreiber dikutip Associated Press.

“Itu adalah tindakan seorang pengecut,” lanjut aktor Amerika tersebut sambil menunjuk menara apartemen yang rusak.

Baca Juga: Pesan Patriotik Andriy Shevchenko usai Rusia Serang Ukraina

Borodyanka sendiri terletak di kawasan Bucha, tempat ratusan mayat warga sipil ditemukan usai pasukan Rusia mundur pada akhir Maret lalu. Bucha menjadi salah satu tempat dugaan kejahatan perang Rusia yang paling banyak disorot selama perang.

Otoritas Ukraina melaporkan bahwa sekitar 16.000 gedung permukiman rusak akibat pertempuran di Bucha.

Sebelum menyambangi Borodyanka bersama Shevchenko, Schreiber dilaporkan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Aktor yang pernah membintangi film X-Men Origins: Wolverine ini memiliki darah Ukraina dan pernah terlibat berbagai inisiatif amal untuk negara yang sedang diinvasi Rusia ini.

Schreiber mengikuti jejak sejumlah bintang Hollywood yang sebelumnya telah mengunjungi Ukraina ketika perang. Beberapa di antarnya adalah Angelina Jolie, Sean Penn, dan Ben Stiller.

Baca Juga: Rusia Serang Ukraina Timur, Tiga Orang Tewas dan 20 Lainnya Terluka


 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x