Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Jelang Hari Kemerdekaan Ukraina, Kiev Ejek Rusia dengan Parade Tank Hancur di Ibu Kota

Kompas.tv - 21 Agustus 2022, 13:02 WIB
jelang-hari-kemerdekaan-ukraina-kiev-ejek-rusia-dengan-parade-tank-hancur-di-ibu-kota
Anak-anak Ukraina menaiki bangkai tank Rusia yang dipamerkan di Kiev, Sabtu (20/8/2022), jelang hari kemerdekaan Ukraina pada 24 Agustus mendatang. (Sumber: Andrew Kravchenko/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

KIEV, KOMPAS.TV - Pemerintah Ukraina menggelar parade tank-tank Rusia yang rusak atau hancur di Kiev, Sabtu (20/8/2022). Parade ini digelar jelang hari kemerdekaan Ukraina dari Uni Soviet pada 24 Agustus mendatang.

Rekaman video dari parade ini beredar di media sosial. Warga Kiev terlihat berfoto-foto di dekat tank. Bangkai tank yang dipamerkan pun dinaiki anak-anak.

Roman Hryhschuk, seorang anggota parlemen Ukraina, menyindir militer Rusia yang tentaranya terdepak dari Kiev saat bangkai-bangkai tank mereka dipamerkan di ibu kota Ukraina.

“Tank-tank Rusia mengikuti parade di pusat kota Kiev. Namun, ada satu perbedaan (tidak ada personel militer Rusia yang menyertai),” kata Hryshchuk dikutip DW.

Baca Juga: Rusia Tuduh Ukraina Telah Racuni Pasukannya, Sebut Kiev Lakukan Terorisme Kimia

Sejak awal invasi, Angkatan Bersenjata Ukraina mengklaim telah berhasil melumpuhkan 1.907 unit tank Rusia per Sabtu (20/8). Sebanyak 44.900 serdadu Rusia juga diklaim terbunuh di Ukraina.

Akan tetapi, klaim militer Ukraina tersebut tidak bisa diverifikasi.

Pada kesempatan terpisah, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato menyambut hari kemerdekaan dengan menyebut pendudukan Rusia hanyalah “sementara.”

“Hari ketika bendera kita, hari kemerdekaan kita, peringatan para veteran perang untuk kemerdekaan Ukraina hampir tiba, dan mimbar Ukraina ada di depan,” kata Zelenskyy dikutip Associated Press, Sabtu (20/8).

“Tahun ini akan unik; di udara, Anda bisa merasakan bahwa pendudukan di sini hanya sementara, dan Ukraina tengah mengemuka kembali.”

“Kita harus menyorot para legenda; ini akan menjadi tradisi Ukraina. Mari memperingati mereka yang hidupnya telah menjadi bagian sejarah nasional kita, yang mana tidak bisa dihapus oleh siapa pun, tidak akan, oleh musuh mana pun,” pungkas sang presiden.

Baca Juga: Zelenskyy Tuduh Rusia Main Licik, Gunakan PLTN Zaporizhzia sebagai Basis Menyerang Ukraina
 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x