Kompas TV internasional kompas dunia

Khawatir Terjadi Cuci Otak, Spanyol Awasi Acara Metaverse Kripto dan Minta Kaum Muda Hati-Hati

Kompas.tv - 27 Agustus 2022, 11:42 WIB
khawatir-terjadi-cuci-otak-spanyol-awasi-acara-metaverse-kripto-dan-minta-kaum-muda-hati-hati
Ilustrasi mata uang kripto. Komisi Nasional Pasar Saham Spanyol (CNMV), lembaga negara regulator finansial, mengaku akan mengawasi sebuah acara metaverse kripto besar yang akan digelar di Madrid pada akhir pekan ini. (Sumber: Shutterstock/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

MADRID, KOMPAS.TV - Komisi Nasional Pasar Saham Spanyol (CNMV), lembaga negara regulator finansial, mengaku akan mengawasi sebuah acara metaverse kripto besar yang akan digelar di Madrid pada akhir pekan ini.

Pengawasan itu menyusul kekhawatiran atas jebakan investasi kripto. Terlebih lagi, organisator acara tersebut, Mundocrypto, ataupun sponsornya, tidak punya izin jasa finansial atau melakukan pengumpulan dana.

Menurut laporan Associated Press, Sabtu (27/8/2022), acara itu diperkirakan akan dihadiri 7.000 orang.

Otoritas Spanyol dan CNMV memperingatkan bahwa acara seperti demikian kerap digunakan untuk membujuk orang, terutama kaum muda, agar berinvestasi di mata uang kripto tanpa memahami konsekuensi yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Bappebti: Token ASIX Anang Hermansyah Tak Masuk 383 Aset Kripto Legal di Indonesia


CNMV menyatakan bahwa Mundocrypto ditaruh di daftar abu-abu entitas yang diduga mengumpulkan dana dan menyediakan jasa finansial tanpa izin.

Di lain pihak, Mani Thawani, pendiri Mundocrypto, membela diri dengan menyebut acara itu diniatkan untuk kepentingan edukasi dan membimbing orang secara finansial.

Mundocrypto mengeklaim diri sebagai entitas yang “terdepan sedunia dalam edukasi kripto dan rantai blok (blockchain). Mereka mengeklaim punya 55.000 “siswa” yang telah menjadi investor.

Pihak penyelenggara mengaku acara di Madrid tersebut akan mengungkap tren-tren baru di sektor investasi kripto.

Acara ini disebut akan menghadirkan tokoh-tokoh bisnis dan ekonom. Sedangkan dua bintang televisi telah mengundurkan diri dari acara itu menyusul peringatan CNMV.

Investasi kripto merupakan fenomena yang cukup mengkhawatirkan orang tua di Spanyol belakangan ini.

Pada awal 2022, sejumlah keluarga melayangkan komplain ke otoritas setelah anak-anak mereka menggelontorkan uang di sektor kripto karena diiming-imingi janji akan jadi kaya.

Investasi mata uang kripto seperti bitcoin dan ethereum melejit beberapa tahun belakangan.

Namun, juga banyak kasus ketika mata uang kripto kehilangan nilai dengan sangat cepat dan merugikan para investor di pasar yang tidak teregulasi ini.

Baca Juga: Polisi Tangkap Seorang Guru SD di Gunungkidul atas Dugaan Penipuan Investasi Uang Kripto



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x