Kompas TV internasional kompas dunia

Putin Tak Hadir di KTT G20, Delegasi Rusia Dipimpin Menlu Sergei Lavrov, Luhut: Terbaik untuk Semua

Kompas.tv - 11 November 2022, 04:15 WIB
putin-tak-hadir-di-ktt-g20-delegasi-rusia-dipimpin-menlu-sergei-lavrov-luhut-terbaik-untuk-semua
Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan akan menugaskan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov untuk mewakili dirinya hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi KTT G20 di Nusa Dua, Bali. (Sumber: Russian Embassy - South Africa)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin dipastikan akan menugaskan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov untuk mewakili dirinya hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

"Ya, saya bisa mengonfirmasi bahwa Kepala Delegasi Rusia pada KTT G20 nanti adalah Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Sergei Lavrov," kata salah satu diplomat di Kedutaan Besar Rusia di Jakarta hari Kamis, (10/11/2022) seperti laporan Antara.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa sebanyak 17 kepala negara menyatakan akan menghadiri KTT G20 di Bali.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (10/11/2022) sudah memastikan tidak akan hadir langsung pada KTT G20 di Bali walau mungkin akan hadir secara virtual lewat sambungan video. 

KTT G20 tahun ini berlangsung di tengah kekhawatiran global akibat krisis pangan dan kenaikan harga energi yang sebagian disebabkan oleh perang yang masih berlangsung antara Rusia dan Ukraina. 

Kepastian Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan hadir langsung di KTT G20 di Bali, Indonesia pekan depan, diungkapkan Kedutaan Besar Moskow di Indonesia, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: Presiden Rusia Vladimir Putin Dipastikan Tidak Hadir Langsung di KTT G20 Bali

Indonesia memberi tanggapan atas dipastikannya Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri KTT G20 di Bali minggu depan, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang memimpin secara teknis seluruh persiapan KTT G20 hari Kamis mengatakan ketidak hadiran Putin mungkin yang terbaik untuk semua pihak. (Sumber: AP Photo)

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa (menteri luar negeri) Sergei Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20. Program Presiden Putin masih digarap, dia bisa berpartisipasi secara virtual,” kata Yulia Tomskaya, kepala protokol kedutaan.

Indonesia menanggapi ketidakhadiran Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT G20 di Bali, minggu depan.



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x