Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Rusia Hujani Ukraina dengan 100 Rudal, Hantam Fasilitas Energi, Hampir Seluruhnya Gelap Gulita

Kompas.tv - 16 November 2022, 01:31 WIB
rusia-hujani-ukraina-dengan-100-rudal-hantam-fasilitas-energi-hampir-seluruhnya-gelap-gulita
Rusia menggempur fasilitas energi Ukraina dengan rentetan serangan rudal terbesarnya, menghantam fasilitas energi dari timur ke barat Ukraina menyebabkan pemadaman listrik yang meluas dan kini sebagian besar Ukraina gelap gulita. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Rusia menggempur fasilitas energi Ukraina dengan rentetan serangan rudal terbesarnya. Gempuran ini menghantam fasilitas energi dari timur ke barat, sehingga menyebabkan pemadaman listrik yang meluas dan kini sebagian besar Ukraina gelap gulita.

Sekitar 100 rudal yang ditembakkan ke Ukraina, menghancurkan 15 fasilitas infrastruktur energi di berbagai wilayah, kata Kyrylo Tymoshenko, Wakil Kepala Kantor Volodymyr Zelensky seperti dilansir RIA Novosti, Selasa (15/11/2022).

"Lebih dari 90 rudal ditembakkan ke wilayah Ukraina. Terjadi serangan, sekitar 15 fasilitas energi rusak, 15 fasilitas di berbagai wilayah. Karena itu, kami sekarang mengalami pemadaman listrik di wilayah dan kota berikut, Kiev, Vinnitsa, Volyn, Donetsk, Dnipropetrovsk, Zhytomyr, Kiev, Kirovohrad, Lviv, Poltava, Rivne, Sumy, Ternopil, Kharkiv, Khmelnytsky, Cherkasy, Chernovets, dan Chernihiv," katanya dalam komentar di saluran TV lokal , yang dipublikasikan di saluran Telegramnya.

Presiden Volodymyr Zelenskyy menantang dan mengacungkan tinjunya seraya menyatakan, "Kami akan selamat dari segalanya," seperti dilansir Associated Press, Selasa.

Tetangga Moldova juga terpengaruh. Negara kecil itu melaporkan pemadaman listrik besar-besaran setelah serangan mematikan saluran listrik utama yang memasok negara kecil itu, kata seorang pejabat.

Zelenskyy mengatakan Rusia menembakkan setidaknya 85 rudal, "Kebanyakan di infrastruktur energi kita," dan mematikan listrik di banyak kota.

"Kami sedang bekerja, akan memulihkan semuanya. Kami akan bertahan dari segalanya," janji Zelenskyy. Menteri energinya mengatakan itu adalah pemboman fasilitas listrik "paling besar" dalam serangan Rusia yang berlangsung hampir 9 bulan.

Serangan sekitar 100 rudal itu mengakibatkan setidaknya satu kematian di sebuah bangunan tempat tinggal di ibu kota Kiev, menyusul hari-hari euforia di Ukraina yang dipicu oleh salah satu keberhasilan militer terbesarnya, perebutan kembali kota Kherson di selatan pekan lalu.

Baca Juga: Minta Anggota G20 Hentikan Perang, Presiden Jokowi: Ciptakan Situasi 'Win-Win', Bukan 'Zero-Sum'


Presiden Rusia Vladimir Putin belum mengomentari mundurnya Rusia dari Kherson sejak pasukannya ditarik keluar dalam menghadapi serangan Ukraina. Tetapi skala serangan hari Selasa yang menakjubkan berbicara banyak dan mengisyaratkan kemarahan di Kremlin.

Dengan menyerang sasaran di sore hari, tidak lama sebelum senja mulai turun, militer Rusia memaksa pekerja penyelamat untuk bekerja dalam kegelapan dan memberi sedikit waktu kepada kru perbaikan untuk menilai kerusakan pada siang hari.

Zelenskyy mengatakan sekitar 20 serangan lagi mungkin akan terjadi. Dia mengimbau masyarakat untuk tetap aman dan mencari perlindungan.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x