Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

AS Siap Kirim Rudal Patriot ke Ukraina, Pertahanan Kiev Makin Canggih Hadapi Rusia

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 16:38 WIB
as-siap-kirim-rudal-patriot-ke-ukraina-pertahanan-kiev-makin-canggih-hadapi-rusia
Ilustrasi. Sistem rudal Patriot Amerika Serikat (AS) yang disiagakan di Bandara Rzeszow-Jasionka, Polandia, sebelum kedatangan Presiden AS Joe Biden pada 25 Maret 2022. Pemerintah AS dilaporkan siap menyetujui bantuan sistem rudal Patriot ke Ukraina untuk menghadapi serangan udara Rusia. (Sumber: Evan Vucci/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah siap untuk menyepakati pengiriman baterai rudal Patriot ke Ukraina. Senjata ini dapat menjadi rudal darat-ke-udara tercanggih yang dimiliki Ukraina untuk menghadapi serangan udara Rusia.

Menurut laporan Associated Press, Selasa (13/12/2022), persetujuan atas bantuan ini diperkirakan akan disahkan pada pekan ini. Hal tersebut dikonfirmasi oleh tiga pejabat Washington yang bicara dalam kondisi anonim karena kebijakan ini belum final dan belum dibuka ke publik.

Sistem rudal Patriot sendiri disebut kapabel menjatuhkan rudal-rudal Rusia atau bahkan pesawat tempur. Pada 2014 lalu, rudal Patriot yang dioperasikan Israel dilaporkan menjatuhkan jet Sukhoi Su-24 milik Suriah.

Baca Juga: Zelenskyy: Setengah Fasilitas Energi Ukraina Hancur akibat Serangan Rusia Jelang Musim Dingin

Sebelumnya, dalam konferensi video pada Senin (12/12), Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mendesak pemimpin Jerman dan kelompok G7 untuk membantu Ukraina dengan rudal jarak jauh, tank modern, artileri, baterai rudal, dan sistem pertahanan udara canggih yang lain.

Permintaan Zelenskyy itu disampaikan mengingat Rusia semakin gencar menyerang Ukraina dengan rudal dan serangan udara. Serangan-serangan tersebut dilaporkan melumpuhkan fasilitas energi dan suplai air bersih bagi warga Ukraina jelang musim dingin.

"Sayangnya, Rusia masih punya keunggulan dalam hal artileri dan rudal," kata Zelenskyy dalam forum itu.

Gedung Putih dan Pentagon sendiri sejak lama menyatakan bahwa bantuan sistem pertahanan udara ke Ukraina adalah prioritas. Washington menyebut bantuan itu semakin genting di tengah eskalasi serangan jarak jauh Rusia.

Baca Juga: Inggris Tuduh Rusia Pesan Ratusan Rudal Balistik Iran untuk Serang Ukraina, Moskow Tak Terima


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x