Kompas TV internasional kompas dunia

Diikat Perjanjian Tak Boleh Gunakan Senjata, Tentara China dan India Bentrok Pakai Pentungan

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 22:30 WIB
diikat-perjanjian-tak-boleh-gunakan-senjata-tentara-china-dan-india-bentrok-pakai-pentungan
Video viral yang menunjukkan tentara China dan India beradu pentungan dalam bentrokan di sektor Tawang, LAC pada 2021 silam. (Sumber: Twitter Sidhant Sibal)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Bentrokan antara tentara China dan India di dekat Garis Kontrol Aktual (LAC), kawasan perbatasan yang disengketakan kedua negara dilaporkan kembali pecah pada 9 Desember 2022 lalu. Hingga berita ini diturunkan, belum ada detail yang tersedia mengenai terjadinya bentrokan tersebut.

Otoritas China dan India sebatas mengonfirmasi terjadinya insiden itu dan menyampaikan, tentara di kedua pihak mengalami luka ringan. Perselisihan ini pun kemudian diselesaikan via kanal diplomatik.

Tiadanya korban jiwa atau luka serius dari bentrokan tentara China vs India dikarenakan kedua pihak tidak menggunakan senjata api untuk bentrok. Walaupun China dan India menerjunkan tentara dengan senjata lengkap termasuk alat berat seperti tank, kedua pihak terikat perjanjian untuk tidak menggunakan senjata ketika bentrok.

Belum diketahui bagaimana bentrokan yang terjadi pada 9 Desember 2022 lalu. Namun, dalam beberapa kesempatan, tentara China dan India diketahui adu pukul, menggunakan pentungan, dan saling lempar batu saat bentrok di LAC.

Baca Juga: Duduk Perkara Bentrok Tentara China vs India di Perbatasan: Rebutan Wilayah Bekas Perang 1962

Usai bentrokan akhir tahun ini dikonfirmasi, juga beredar sebuah video yang memperlihatkan tentara China dan India saling pentung di sektor Tawang, LAC.

Melansir NDTV, otoritas India menyebut video itu adalah rekaman bentrok tahun 2021.

Berikut penjelasan mengapa tentara China dan India tidak memakai senjata api atau perlengkapan milliter saat saling serang di perbatasan.

Perjanjian China-India 1996 tentang tindakan militer di LAC

China dan India sendiri terikat perjanjian sejak 1993 untuk senantiasa menjaga perdamaian sejak 1993. Pada 1996, perjanjian itu ditindaklanjuti dengan kesepakatan protokoler mengenai tindakan militer di perbatasan yang disengketakan China-India.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x