Kompas TV internasional kompas dunia

Laporan Kongres AS: Donald Trump Kriminal karena Sulut Pemberontakan 6 Januari 2021 Gedung Kongres

Kompas.tv - 24 Desember 2022, 05:44 WIB
laporan-kongres-as-donald-trump-kriminal-karena-sulut-pemberontakan-6-januari-2021-gedung-kongres
Laporan akhir komite Kongres AS 6 Januari tegaskan Donald Trump secara kriminal terlibat konspirasi berlapis untuk membatalkan hasil sah pemilihan presiden 2020 dan gagal bertindak untuk menghentikan pendukungnya menyerang gedung Kongres AS atau gedung Capitol. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Laporan akhir komite Kongres AS 6 Januari tegaskan Donald Trump secara kriminal terlibat 'konspirasi berlapis' untuk membatalkan hasil sah pemilihan presiden 2020 dan gagal bertindak untuk menghentikan pendukungnya menyerang gedung Kongres AS atau gedung Capitol.

Laporan itu menyimpulkan hasil penyelidikan luar biasa yang berlangsung 18 bulan terhadap mantan presiden dan pemberontakan dengan kekerasan dua tahun lalu.

Trump dianggap 'menyulut api,' pemberontakan, tulis ketua komite penyelidik yang juga anggota Kongres dari Mississippi, Bennie Thompson.

Laporan setebal 814 halaman yang dirilis Kamis malam, (22/12/2022) waktu Washington DC itu muncul setelah panel mewawancarai lebih dari 1.000 saksi, mengadakan 10 audiensi dan memperoleh lebih dari satu juta halaman dokumen.

Para saksi, mulai dari banyak pembantu terdekat Trump hingga penegak hukum dan beberapa perusuh itu sendiri, merinci tindakan 'terencana' Trump, terutama di minggu-minggu sebelum serangan dan bagaimana upayanya yang luas untuk membatalkan kekalahan secara langsung memengaruhi mereka yang secara brutal menghantam polisi dan mendobrak jendela dan pintu gedung Kongres pada 6 Januari 2021.

Penyebab utamanya adalah "satu orang," kata laporan itu: Trump.

Pemberontakan itu sangat mengancam demokrasi dan "mempertaruhkan nyawa anggota parlemen Amerika," panel sembilan anggota bipartisan itu menyimpulkan, menawarkan penjelasan definitif tentang bab kelam dalam sejarah Amerika modern.

Hasil penyelidikan itu berfungsi tidak hanya sebagai ringkasan momen-momen paling dramatis dari kesaksian selama berbulan-bulan, tetapi juga sebagai dokumen yang harus dilestarikan sebagai peringatan bagi generasi mendatang.

Baca Juga: Trump Jadi Sasaran Amukan Eks Wapres Mike Pence Karena Cuitannya Membahayakan Orang dalam Capitol

Donald Trump pada 6 Januari 2021. Laporan akhir komite Kongres AS 6 Januari tegaskan Donald Trump secara kriminal terlibat konspirasi berlapis untuk membatalkan hasil sah pemilihan presiden 2020 dan gagal bertindak untuk menghentikan pendukungnya menyerang gedung Kongres AS atau gedung Capitol. (Sumber: AP Photo)

Dalam serangkaian rekomendasi, tujuh Demokrat dan dua Republikan di komite menyarankan agar Kongres mempertimbangkan untuk melarang Trump memegang jabatan di masa depan.

"Temuan itu harus menjadi seruan keras bagi seluruh orang Amerika untuk menjaga Demokrasi kita dengan waspada dan memberikan suara kita hanya kepada mereka yang berbakti dalam membela Konstitusi kita," kata Ketua DPR Nancy Pelosi dalam kata pengantar laporan tersebut.

Delapan bab laporan tersebut menceritakan sebagian besar kisah dari audiensi panel musim panas ini, menggambarkan banyak aspek dari rencana luar biasa yang dirancang Trump dan para penasihatnya untuk membatalkan kemenangan Presiden Joe Biden.

Anggota parlemen merinci tekanan mantan presiden pada negara bagian, pejabat federal, anggota parlemen, dan Wakil Presiden Mike Pence untuk mempermainkan sistem atau melanggar hukum.

Dalam dua bulan antara pemilihan dan pemberontakan, laporan itu mengatakan, "Presiden Trump atau lingkaran dalamnya terlibat dalam setidaknya 200 tindakan penjangkauan publik dan penjangkauan pribadi, tekanan, atau kecaman, yang menargetkan legislator negara bagian atau penyelenggara pemilu negara bagian atau lokal, untuk membatalkan hasil pemilihan Negara."

Klaim Trump yang berulang-ulang dan palsu tentang penipuan pemilih yang meluas beresonansi dengan para pendukungnya, kata komite itu dan diperkuat di media sosial, membangun ketidakpercayaan terhadap pemerintah yang telah dia kembangkan selama empat tahun menjabat.

Dan dia tidak berbuat banyak untuk menghentikan ketika mereka melakukan kekerasan dan menyerbu gedung Kongres untuk mengganggu sertifikasi kemenangan Biden.

Laporan besar-besaran yang memberatkan itu muncul saat Trump kembali mencalonkan diri sebagai presiden dan juga menghadapi berbagai penyelidikan federal, termasuk penyelidikan atas perannya dalam pemberontakan dan keberadaan dokumen rahasia di tanah miliknya di Florida.

Baca Juga: Makin Panas! Tak Terima Rumahnya Disatroni FBI, Donald Trump Sebut Joe Biden ‘Musuh Negara’

Wakil presiden Mike Pence saat terkepung pendukung Donald Trump di gedung Kongres. Laporan akhir komite Kongres AS 6 Januari tegaskan Donald Trump secara kriminal terlibat konspirasi berlapis untuk membatalkan hasil sah pemilihan presiden 2020 dan gagal bertindak untuk menghentikan pendukungnya menyerang gedung Kongres AS atau gedung Capitol. (Sumber: AP Photo)

Minggu ini sangat berat bagi Trump, karena komite Kongres memilih untuk merilis pengembalian pajaknya setelah Trumpberjuang selama bertahun-tahun untuk merahasiakannya.

Pada saat yang sama, Trump disalahkan Partai Republik atas penampilan yang lebih buruk dari yang diharapkan dalam pemilihan paruh waktu, membuatnya dalam keadaan yang paling rentan secara politik sejak dia terpilih pada tahun 2016.

Ke depan, panitia membuat beberapa saran untuk tindakan, termasuk perombakan Undang-Undang Penghitungan Pemilu, undang-undang pemilu yang coba dielakkan oleh Trump.

Undang-undang bipartisan untuk mempersulit anggota parlemen menolak hasil presiden, dan untuk campur tangan wakil presiden, akan disahkan sebagai bagian dari undang-undang akhir tahun pada hari Jumat dan dikirim ke Biden untuk ditandatangani.

Panel juga mencatat di bagian itu bahwa Amandemen ke-14 Konstitusi AS menyatakan siapa pun yang telah bersumpah untuk menegakkan Konstitusi dapat dicegah untuk memegang jabatan karena terlibat dalam pemberontakan.

"Trump tidak layak untuk jabatan apa pun," tulis wakil ketua komite dari partai Republik, Liz Cheney dari Wyoming.

Memposting di situs media sosialnya, Trump menyebut laporan itu "sangat partisan" dan secara keliru mengklaim bahwa laporan itu tidak menyertakan pernyataannya pada 6 Januari bahwa para pendukungnya harus memprotes "dengan damai dan patriotik."

Panitia memang memasukkan pernyataan itu, mencatat bahwa Trump mengikuti kata-kata tersebut dengan kebohongan soal pemilihan dan bahasa keras yang mendesak orang banyak untuk "bertarung sekuat tenaga."

Baca Juga: Donald Trump Hina Pemanggilan DPR AS Terkait Kerusuhan Gedung Capitol: Mereka Orang Berhati Bengkok

Anggota Senat dan Kongres harus tiarap saat pendukung Trump menyerbu hingga pintu ruang sidang di gedung Capitol atau gedung kongres AS 6 Januari 2021 (Sumber: AP Photo/Andrew Harnik)



Sumber : Kompas TV/Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x