Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Israel Tembak Mati Lima Warga Palestina Anggota Hamas di Tepi Barat

Kompas.tv - 6 Februari 2023, 20:49 WIB
tentara-israel-tembak-mati-lima-warga-palestina-anggota-hamas-di-tepi-barat
Darah menodai lantai di lokasi serangan tentara Israel di kamp pengungsi Aqabat Jabr Tepi Barat di Jericho, Senin, 6 Februari 2023. Pasukan Israel membunuh lima pria bersenjata Palestina dalam serangan di kamp pengungsi di Tepi Barat yang diduduki hari Senin (6/2/2023). Pertumpahan darah terbaru di kawasan itu kemungkinan akan semakin memperburuk ketegangan. (Sumber: AP Photo/Nasser Nasser)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

AQABAT JABR, KOMPAS.TV — Pasukan Israel menembak mati lima pria Palestina yang dituding bersenjata dan terkait dengan kelompok militan Islam Hamas, dalam serangan di kamp pengungsi di Tepi Barat yang diduduki hari Senin (6/2/2023) seperti laporan Associated Press.

Pertumpahan darah terbaru di wilayah itu dipandang akan semakin memperburuk ketegangan antara Israel dan Palestina.

Kantor presiden Palestina menyebut kekerasan itu sebagai kejahatan, mendesak Amerika Serikat untuk menekan Israel agar menahan serangannya. 

Militer Israel mengatakan serangan itu dimaksudkan untuk menangkap sel militan yang melakukan serangan penembakan yang gagal di sebuah restoran di permukiman Yahudi di Tepi Barat.

Kekerasan itu memperpanjang salah satu periode paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir di Tepi Barat dan terjadi selama minggu-minggu pertama pemerintahan baru sayap kanan jauh Israel, yang berjanji akan mengambil sikap keras terhadap Palestina.

Militer Israel mengatakan sedang beroperasi di kamp pengungsi Aqabat Jabr untuk menangkap tersangka di balik serangan penembakan yang gagal bulan lalu di sebuah restoran Tepi Barat, di mana penyerang diduga gagal menyerang pasukan Israel gara-gara kerusakan senjata.

Baca Juga: Puluhan Ribu Orang Ikut Demonstrasi Tolak Reformasi Hukum Israel, Termasuk Eks Perdana Menteri

Dagangan pengungsi Palestina di Jericho Tepi Barat yang ditinggal akibat penyerbuan tentara Israel yang menewaskan 5 anggota Hamas hari Senin (6/2/2023). (Sumber: AP Photo/Nasser Nasser)

Para penyerang kemudian melarikan diri dari tempat kejadian, kata militer Israel, menambahkan mereka adalah anggota Hamas yang menguasai Jalur Gaza dan juga memiliki kelompok di Tepi Barat.

Militer Israel mengatakan sedang mencari sel militan di balik penembakan yang kata mereka menyembunyikan diri di dalam sebuah rumah di kamp pengungsi. Selama pencarian, pasukan bertemu dengan orang-orang bersenjata dan baku tembak meletus. Militer mengatakan beberapa pria bersenjata yang tewas terlibat dalam percobaan serangan di restoran tersebut.

"Pemerintah Israel yang baru melanjutkan rangkaian kejahatannya terhadap rakyat Palestina kami," kata sebuah pernyataan dari kantor Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Di Aqabat Jabr, selongsong peluru bertebaran di lantai berlumuran darah di lokasi baku tembak. Bekas peluru menembus pintu dan pecahan kaca dari jendela pecah berserakan di tanah.

Jihad Abu al-Assal, gubernur Jericho dan Lembah Yordan, mengatakan militer masih menahan jenazah orang-orang bersenjata itu. 

Tanpa akses ke jenazah, Kementerian Kesehatan Palestina belum bisa segera memastikan kematian tersebut, hanya mengatakan bahwa tiga orang terluka, salah satunya kritis.



Sumber : Kompas TV/Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x