Kompas TV internasional kompas dunia

China Murka dan Kecam Kesepakatan Terbaru AUKUS, Sebut Bakal Picu Perlombaan Senjata Nuklir

Kompas.tv - 14 Maret 2023, 21:05 WIB
china-murka-dan-kecam-kesepakatan-terbaru-aukus-sebut-bakal-picu-perlombaan-senjata-nuklir
Hari Selasa (14/3/2023), juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, mengatakan kesepakatan tersebut, yang diberi akronim AUKUS (Australia, Inggris, dan Amerika Serikat), berasal dari "pola pikir Perang Dingin khas yang hanya akan memotivasi perlombaan senjata, merusak rezim nonproliferasi nuklir internasional, dan merugikan stabilitas dan perdamaian regional." (Sumber: AP Photo/Liu Zheng)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - Kementerian Luar Negeri China menyatakan Amerika Serikat (AS), Australia, dan Inggris sedang berada di "jalan yang salah dan penuh mara bahaya bagi kepentingan geopolitik mereka sendiri", Selasa (14/3/2023). Kecaman itu muncul sebagai tanggapan atas kesepakatan yang memungkinkan Australia membeli kapal selam serang bertenaga nuklir dari AS untuk memodernisasi armada mereka.

Seperti dilaporkan oleh Associated Press, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan kesepakatan tersebut, yang diberi akronim AUKUS (Australia, Inggris, dan AS), berasal dari "pola pikir Perang Dingin khas yang hanya akan memotivasi perlombaan senjata, merusak rezim nonproliferasi nuklir internasional, dan merugikan stabilitas dan perdamaian regional."

Wang mengatakan pernyataan bersama terbaru yang dikeluarkan oleh AS, Inggris, dan Australia menunjukkan ketiga negara tersebut "berada di jalan yang salah penuh mara bahaya bagi kepentingan geopolitik mereka sendiri, dengan sepenuhnya mengabaikan kekhawatiran komunitas internasional".

Presiden AS Joe Biden terbang ke San Diego untuk bergabung dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese dan PM Inggris Rishi Sunak saat mereka memuji kemitraan nuklir yang berusia 18 bulan itu. Adapun kemitraan itu memungkinkan Australia mengakses kapal selam bertenaga nuklir, lebih tidak terdeteksi dan lebih mumpuni dibandingkan kapal selam konvensional, sebagai penyeimbang untuk peningkatan militer China.

Biden menekankan, kapal-kapal tersebut tidak akan membawa senjata nuklir jenis apa pun. Albanese mengatakan dia tidak berpikir kesepakatan tersebut akan merusak hubungannya dengan Cina, yang menurutnya telah membaik dalam beberapa bulan terakhir.

Wang mengulangi klaim China bahwa AUKUS menimbulkan "risiko serius penyebaran nuklir dan melanggar tujuan dan maksud Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir."

"Ketiga negara mengeklaim mereka akan mematuhi standar non-proliferasi nuklir tertinggi, yang merupakan tipuan murni," kata Wang, menuduh ketiganya "memaksa" Badan Energi Atom Internasional untuk memberikan persetujuannya.

Baca Juga: Media Barat: Prestasi Mendamaikan Arab Saudi dan Iran Bikin China Miliki Peran Baru di Timur Tengah

Ilustrasi. Demonstrasi menentang pembentukan AUKUS di Australia pada 2021 lalu. (Sumber: Matt Hrkac via Wikimedia)

Pada Selasa, Menteri Pertahanan Australia mengatakan AUKUS diperlukan untuk melawan pembangunan militer konvensional terbesar di kawasan sejak Perang Dunia II. Pejabat Australia mengatakan kesepakatan ini akan menghabiskan hingga $245 miliar dalam tiga dekade mendatang dan menciptakan 20.000 lapangan kerja.

Menteri Pertahanan Australia Richard Marles mengatakan telah melakukan upaya diplomatik besar selama berbulan-bulan sebelum pengumuman kesepakatan pada Senin. Ini termasuk melakukan lebih dari 60 panggilan ke para pemimpin regional dan dunia. Australia bahkan menawarkan untuk melibatkan China, katanya.

"Kami menawarkan penjelasan. Saya belum pernah berpartisipasi dalam penjelasan dengan China," kata Marles.

Dalam pembicaraan video dengan wartawan Senin malam, Asisten Sekretaris Urusan Asia Timur dan Pasifik AS Daniel J Kritenbrink mengatakan tingkat transparansi yang terlibat adalah salah satu fitur kunci dari kesepakatan tersebut.

"Mitra AUKUS membuat niat kami jelas, termasuk komitmen kami terhadap perdamaian dan stabilitas regional," kata Kritenbrink. "Kami berkomitmen untuk standar keamanan dan nonproliferasi tertinggi, dan kami berharap dapat terus berkomunikasi dengan teman, mitra, dan sekutu kami di kawasan," katanya.

AUKUS adalah salah satu dari beberapa pengaturan keamanan yang dipimpin AS. Namun, blok tiga negara itu mendapat kritik dari Beijing, yang secara rutin menentang blok regional yang dikeluarkan sebagai sisa-sisa Perang Dingin.

Bersama dengan Rusia, China juga mengecam Quad - kelompok Australia, India, Jepang, dan AS - yang menteri luar negerinya bulan ini menjelaskan mereka bertujuan menjadi alternatif bagi China.




Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x