Kompas TV internasional kompas dunia

Telan Ponsel saat Bertengkar dengan Kakaknya, Remaja India Harus Jalani Operasi Darurat selama 2 Jam

Kompas.tv - 8 April 2023, 04:05 WIB
telan-ponsel-saat-bertengkar-dengan-kakaknya-remaja-india-harus-jalani-operasi-darurat-selama-2-jam
Pertengkaran antar saudara adalah fenomena yang lazim terjadi di keluarga. Namun, terkadang pertengkaran tersebut dapat berakhir dengan situasi yang membahayakan nyawa. Hal tersebut terjadi di distrik Bhind, Madhya Pradesh pada Jumat lalu, seorang gadis berusia 18 tahun menelan ponsel China untuk mengakhiri perselisihan dengan saudara laki-lakinya terkait perangkat tersebut. (Sumber: Times of India)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

GWALIOR, KOMPAS.TV - Pertengkaran antar saudara adalah fenomena yang lazim terjadi di keluarga. Namun, terkadang pertengkaran tersebut dapat berakhir dengan situasi yang membahayakan nyawa.

Hal tersebut terjadi di distrik Bhind, Madhya Pradesh, India pada Jumat lalu, saat seorang gadis berusia 18 tahun menelan ponsel China untuk mengakhiri perselisihan dengan saudara laki-lakinya terkait perangkat tersebut.

Insiden tersebut menyebabkan gadis itu dibawa ke Rumah Sakit Jayarogya (JAH) di Gwalior, di mana ia menjalani operasi darurat untuk mengeluarkan ponsel dari perutnya.

"Dalam perselisihan antara saudara, situasinya berubah. Ketika emosi memuncak selama pertengkaran, ia mengambil tindakan impulsif dengan menelan seluruh ponsel, menyebabkan kekhawatiran segera di kalangan keluarganya," kata seorang dokter kepada TOI.

Saat gadis itu menelan ponsel dalam kemarahan, ia mulai merasakan nyeri perut yang ekstrem dan muntah terus-menerus. Ini menyebabkan kepanikan di antara anggota keluarga, dan mereka segera membawanya ke rumah sakit.

Setelah tiba di rumah sakit, tim dokter yang berpengalaman dipimpin oleh kepala departemen Dr. Prashant Srivastava, Dr. Prashant Pipariya, penanggung jawab unit, dan profesor terhormat Dr. Naveen Kushwaha, mengambil kendali atas kasus tersebut.

Setelah pemeriksaan yang teliti, termasuk ultrasonografi, sinar-X, dan CT scan, para dokter terkejut mengetahui tentang insiden tersebut dan menentukan bahwa perangkat tersebut tidak dapat dihapus dari tubuh pasien melalui metode yang kurang invasif seperti endoskopi dan laparoskopi. Para profesional medis kemudian menganggap intervensi bedah perlu dilakukan.

Baca Juga: Ular Kobra Mati seusai Gigit Lengan Bocah 8 Tahun di India Ini

Lampu LED yang tertelan bayi 11 bulan. Pertengkaran antar saudara adalah fenomena yang lazim terjadi di keluarga. Namun, terkadang pertengkaran tersebut dapat berakhir dengan situasi yang membahayakan nyawa. Hal tersebut terjadi di distrik Bhind, Madhya Pradesh pada Jumat lalu, seorang gadis berusia 18 tahun menelan ponsel China untuk mengakhiri perselisihan dengan saudara laki-lakinya terkait perangkat tersebut. (Sumber: Times of India)

Operasi darurat berlangsung selama sekitar dua jam. Dokter mengatakan bahwa gadis itu menerima sepuluh jahitan dan akan segera pulang.

Dr. Kushwaha, seorang ahli medis berpengalaman dengan lebih dari dua dekade praktik, menyatakan keterkejutannya atas kasus yang tidak biasa ini, mengatakan bahwa ia belum pernah menghadapi insiden seperti ini sepanjang kariernya yang cemerlang.

Dia juga menekankan pentingnya berhati-hati ketika menyerahkan ponsel pintar kepada anak-anak muda. Ia menyarankan orang tua untuk menilai kematangan dan tanggung jawab anak-anak mereka sebelum memberikan perangkat tersebut.

Kejadian serupa dilaporkan terjadi di Indore minggu lalu ketika seorang bayi perempuan berusia 11 bulan menelan bola lampu mini LED saat bermain.

Bola lampu mini LED seukuran sekitar 5 mm itu terjebak di bronkus bawah kanannya melalui saluran napas dan berhasil diangkat dengan aman oleh dokter.


 

 




Sumber : Kompas TV/Times of India


BERITA LAINNYA



Close Ads x