Kompas TV internasional kompas dunia

Patung Buddha Ditemukan di Pelabuhan Kuno Mesir, Memberi Indikasi Keterkaitan Mesir dan India Kuno

Kompas.tv - 28 April 2023, 06:48 WIB
patung-buddha-ditemukan-di-pelabuhan-kuno-mesir-memberi-indikasi-keterkaitan-mesir-dan-india-kuno
Sebuah patung Buddha ditemukan di pelabuhan kuno Mesir, Berenice di Laut Merah, dipandang memberikan petunjuk tentang hubungan perdagangan dengan India pada zaman Kekaisaran Romawi. (Sumber: Egypt Antiquity Departmen)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

KAIRO, KOMPAS.TV - Sebuah patung Buddha ditemukan di pelabuhan kuno Mesir, Berenice di Laut Merah, dipandang memberikan petunjuk tentang hubungan perdagangan dengan India pada zaman Kekaisaran Romawi.

Misi Polandia - Amerika Serikat menemukan patung tersebut "yang berasal dari era Romawi saat melakukan penggalian di kuil kuno di Berenice", demikian pernyataan kementerian barang antik Mesir hari Rabu (26/4/2023) seperti dilaporkan oleh France24.

Penemuan ini memiliki "indikasi penting tentang keberadaan hubungan perdagangan antara Mesir dan India pada era Romawi", kata kepala dewan barang antik tertinggi Mesir, Mostafa al-Waziri.

Patung tersebut, dengan sebagian sisi kanan dan kaki kanannya hilang, memiliki tinggi 71 sentimeter dan menggambarkan Buddha dengan cahaya suci di sekitar kepalanya dan bunga teratai di sisinya.

Waziri mengatakan Berenice adalah salah satu pelabuhan laut terbesar di Mesir pada zaman Romawi dan sering menjadi tujuan kapal dari India yang penuh dengan rempah-rempah, batu permata, tekstil, dan gading.

Mesir telah mengumumkan banyak penemuan arkeologi besar dalam beberapa tahun terakhir, dalam upaya untuk menghidupkan kembali industri pariwisata yang sangat penting setelah beberapa tahun ketidakstabilan politik dan pandemi Covid.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Resep Pembuatan Mumi Mesir Kuno, Salah Satu Bahan Utama Ternyata dari Nusantara

Sebuah patung Buddha ditemukan di pelabuhan kuno Mesir, Berenice di Laut Merah, dipandang memberikan petunjuk tentang hubungan perdagangan dengan India pada zaman Kekaisaran Romawi. (Sumber: Al-Arabiya)

Namun, kritikus mengatakan bahwa kegiatan penggalian yang berlimpah lebih menekankan pada penemuan yang menarik perhatian media daripada penelitian akademis yang sulit.

Kroni dalam rencana pemerintah adalah pembukaan Grand Museum Mesir yang telah tertunda lama di kaki piramida di Giza.

Pemerintah berencana untuk menarik 30 juta wisatawan setiap tahun pada tahun 2028, meningkat dari 13 juta sebelum pandemi.

Berenice Troglodytica, yang juga disebut Berenice atau Baranis, merupakan sebuah pelabuhan laut kuno di Mesir yang terletak di pantai barat Laut Merah.

Pelabuhan ini berjarak sekitar 825 km di selatan Suez, 260 km di timur Aswan di Mesir Hulu, dan 140 km di selatan Marsa Alam. Didirikan pada tahun 275 SM oleh Ptolemy II Philadelphus (285-246 SM), yang menamainya sesuai dengan nama ibunya, Berenice I of Egypt.

Baru-baru ini, sebuah penemuan menarik dilaporkan dari Berenice Troglodytica. Sebuah patung Buddha ditemukan di situs kuno ini, menunjukkan adanya hubungan kuno antara Mesir dan India.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x