Kompas TV internasional kompas dunia

Jerman dan Italia Operasi Penangkapan Besar-besaran Mafia Italia Ndrangheta, Ratusan Kena Serok

Kompas.tv - 3 Mei 2023, 19:09 WIB
jerman-dan-italia-operasi-penangkapan-besar-besaran-mafia-italia-ndrangheta-ratusan-kena-serok
Polisi khusus Italia dan Jerman melancarkan operasi penangkapan besar-besaran yang terkoordinir rapi di seluruh Jerman dan Italia hari Rabu, (3/5/2023), dalam upaya besar-besaran untuk memberantas Mafia Ndrangheta Italia. Lebih dari 1.000 petugas Jerman melakukan penyisiran di puluhan rumah, kantor, dan toko di empat negara bagian, menangkap puluhan mafia Ndrangheta. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BERLIN, KOMPAS.TV - Polisi khusus Italia dan Jerman melancarkan operasi penangkapan besar-besaran yang terkoordinir rapi di seluruh Jerman dan Italia, Rabu (3/5/2023), dalam upaya besar-besaran untuk memberantas Mafia 'Ndrangheta Italia.

Seperti dilaporkan oleh Associated Press, lebih dari 1.000 petugas Jerman melakukan penyisiran di puluhan rumah, kantor, dan toko di negara bagian Bavaria, North Rhine-Westphalia, Rhineland-Palatinate, dan Thuringia, kata jaksa penuntut dalam sebuah pernyataan bersama.

Di Italia, polisi carabinieri yang didukung oleh helikopter melakukan penangkapan terhadap 108 orang yang dituduh terlibat dalam mafia, serta kepemilikan, produksi, dan perdagangan narkoba dan senjata, serta pencucian uang.

Otoritas Eropa sudah lama melancarkan kampanye melawan 'Ndrangheta, kelompok kejahatan terorganisir yang mungkin menjadi kelompok kejahatan terkaya di dunia.

Kelompok ini sudah meraup puluhan miliar dolar pendapatan dari penyelundupan kokain selama beberapa dekade untuk memperluas jangkauan kejahatannya di seluruh Eropa dan benua lain, saat Mafia Sisilia makin kehilangan pengaruhnya.

Di Jerman, 'Ndrangheta sudah mapan sejak tahun 1970-an. Kelompok ini dianggap sebagai kelompok kejahatan terorganisir Italia terkuat di negara itu dan terutama fokus pada perdagangan narkoba internasional, menurut Kantor Kriminal Federal Jerman.

Lebih dari 30 tersangka ditangkap di Jerman.

Selain itu, para tersangka juga dituduh melakukan pencucian uang, penggelapan pajak, penipuan perdagangan, dan penyelundupan narkotika secara berkelompok dalam sindikat kejahatan terorganisir, kata pernyataan dari kantor kejahatan kriminal di North Rhine-Westphalia.

Baca Juga: Kronologi Polisi Tangkap Buronan Interpol Jaringan Mafia Italia Ndrangheta di Bali

Polisi Italia memimpin operasi polisi di seluruh Eropa terhadap kelompok kejahatan terorganisir Ndrangheta, menyita kokain dan aset jutaan euro di Italia, Jerman, Spanyol dan Rumania. (Sumber: Arab News via AFP/File)


Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x