Kompas TV internasional kompas dunia

Malaysia Sambut Keputusan Liga Arab Terima Kembali Suriah

Kompas.tv - 10 Mei 2023, 18:58 WIB
malaysia-sambut-keputusan-liga-arab-terima-kembali-suriah
Arsip. Malaysia menyambut baik keputusan Liga Arab untuk mencabut skorsing alias menerima kembali Suriah yang sempat dikucilkan. Suriah diskors usai perang sipil melanda negara itu pada 2011 silam. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Malaysia menyambut baik keputusan Liga Arab untuk mencabut skorsing alias menerima kembali Suriah yang sempat dikucilkan. Suriah diskors usai perang sipil melanda negara itu pada 2011 silam.

Kementerian Luar Negeri Malaysia menyebut konsensus untuk menerima kembali Suriah menjadi langkah konstruktif untuk menciptakan lingkungan yang kondusif. Penerimaan ini juga disebut akan berkontribusi untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Suriah.

Suriah diputuskan boleh berpartisipasi kembali dalam aktivitas-aktivitas Liga Arab usai pertemuan antarmenteri luar negeri di negara itu di Kairo, Mesir, Minggu (7/5/2023) lalu.

Baca Juga: Saat Arab Saudi dan Suriah Kembali Buka Hubungan Diplomatik Resmi Setelah 10 Tahun

Sebagaimana diwartakan Antara, Rabu (10/5), Kementerian Luar Negeri Malaysia menyebut penerimaan Liga Arab berkontribusi dalam meningkatkan perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan. Malaysia pun mengaku mendukung terus segala upaya menemukan resolusi damai bagi konflik Suriah.

Dalam pertemuan di Kairo, Liga Arab juga sepakat untuk mengintensifkan upaya membantu Suriah keluar dari krisis. Liga Arab pun memperbarui komitmen untuk memelihara kedaulatan Suriah, kesatuan teritorial, stabilitas, dan integritas regional berdasarkan piagam Liga Arab dan prinsip-prinsipnya.

Pencabutan skorsing Suriah sendiri diputuskan Liga Arab melalui konsensus mayoritas sederhana. Hanya 13 dari 22 anggota Liga Arab yang hadir dalam pertemuan di Kairo tersebut.

Meskipun demikian, terdapat sejumlah anggota Liga Arab yang tidak menghadiri pertemuan. Sejumlah anggota Liga Arab pun urung menyatakan sepakat untuk menormalisasi hubungan dengan rezim Bashar Al-Assad.

Salah satu ketidakhadiran yang disorot dalam pertemuan Liga Arab di Kairo adalah absennya Qatar. Negara ini terus mendukung kelompok oposisi Suriah dan menolak menormalisasi hubungan dengan Assad.

Baca Juga: Sempat Ditendang Keluar, Suriah Kembali Diterima di Liga Arab, Ini Penjelasan dan Alasannya


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x