Kompas TV internasional kompas dunia

Istri Mendiang Shinzo Abe Dihadiahi Lukisan Karya SBY dan Dipo Alam: Saya Terharu

Kompas.tv - 13 Mei 2023, 16:30 WIB
istri-mendiang-shinzo-abe-dihadiahi-lukisan-karya-sby-dan-dipo-alam-saya-terharu
Istri mendiang mantan PM Jepang Shinzo Abe, Akie Abe (tengah), menerima lukisan karya Presiden ke-enam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan Dipo Alam di Tokyo, Jepang, Jumat (12/5/2023). (Sumber: KBRI Tokyo via Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV - Istri mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Akie Abe, dihadiahi lukisan karya mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan eks Sekretaris Kabinet Dipo Alam di Tokyo, Jumat (12/5/2023) malam waktu setempat.

Akie Abe mengaku terharu mendapatkan hadiah dua lukisan itu.

SBY sendiri memberikan lukisan karyanya berupa pemandangan Gunung Fuji. Sedangkan Dipo Alam melukis sosok Shinzo Abe sedang mengenakan kemeja batik motif Jawa Hokokai yang sarat dengan pengaruh budaya Jepang.

Baca Juga: Jepang Resmikan UU yang Sasar Pendanaan Organisasi Keagamaan, Misi Pembunuh Shinzo Abe Berhasil?

"Saya sangat terharu melihat kedua lukisan ini. Mendiang suami saya memandang penting hubungan persahabatan Indonesia-Jepang," kata Akie, dikutip Antara.

Secara khusus, Akie menyinggung lukisan Dipo Alam yang melukis suaminya. Akie menyebut suaminya terlihat gagah dengan pakaian batik.

"Mungkin suami saya tidak pernah memakai batik sebagus ini, tapi dalam lukisan bapak Dipo Alam suami saya terlihat sangat bangga. Saya yakin beliau sedang menjaga hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia,” kata Akie.

Dipo Alam sendiri mengaku pesan moral dalam lukisannya adalah bahwa Shinzo Abe berpolitik dengan mengedepankan kedamaian.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi yang memfasilitasi penyerahan dua lukisan itu kepada istri Shinzo Abe.

“Abe semasa hidup selalu mengampanyekan perdamaian dunia khususnya kawasan Asia Pasifik termasuk ASEAN. Peristiwa tragis penembakan terhadap PM Abe menginspirasi saya untuk melukis Abe. Tidak boleh lagi ada terulang peristiwa kekerasan,” kata Dipo.

Sementara itu, Dubes Heri menegaskan penyerahan lukisan karya dua tokoh Indonesia itu menandakan hubungan antara Indonesia-Jepang.

Seremoni ini turut dihadiri Dirjen Urusan Asia Tenggara dan Barat Daya Kementerian Luar Negeri Jepang Arima Yutaka dan mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi.

“Acara ini mencerminkan tema ulang tahun 65 tahun hubungan Indonesia Jepang, yaitu Satu Hati. Lukisan Bapak Abe yang mengenakan kemeja Batik Jawa Hokokai ini mencerminkan kedekatan Indonesia dan Jepang. Bapak SBY juga telah mengekspresikan dengan baik kenangan indah beliau tentang Jepang yang mengena di hati," kata Heri.

Baca Juga: Ali Ngabalin Balas Demokrat soal "Kumandang Perang": Jokowi Bukan seperti SBY yang Ketum Parpol


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x