Kompas TV internasional kompas dunia

Zelenskyy Temui Sunak, Inggris Janji Beri Drone Penyerang Jarak Jauh sekaligus Latih Pilot Ukraina

Kompas.tv - 16 Mei 2023, 03:05 WIB
zelenskyy-temui-sunak-inggris-janji-beri-drone-penyerang-jarak-jauh-sekaligus-latih-pilot-ukraina
Arsip. Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak. Rishi Sunak berjanji pihaknya akan mengirim drone penyerang jarak jauh sekaligus melatih pilot-pilot tempur Ukraina. Janji itu disampaikan Sunak ketika dikunjungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksyy di London, Senin (15/5/2023). (Sumber: (AP Photo/Frank Augstein, File)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak berjanji pihaknya akan mengirim drone penyerang jarak jauh sekaligus melatih pilot-pilot tempur Ukraina. Janji itu disampaikan Sunak ketika dikunjungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenksyy di London, Senin (15/5/2023).

Kedua kepala negara ini juga disebut membicarakan permintaan Ukraina untuk jet-jet tempur Barat. Namun, London menegaskan pihaknya tidak akan mengirim jet tempur secara langsung.

Baca Juga: Waduh, Ukraina Tembak Jatuh Drone-nya Sendiri yang Terbang di Dekat Kantor Presiden

Pemerintah Inggris Raya menyebut latihan dasar bagi pilot Ukraina akan dimulai pada musim panas ini, "bersamaan dengan upaya Inggris Raya bekerja sama dengan negara lain untuk menyediakan jet-jet F-16."

Kata Sunak, pihaknya akan memberi Ukraina ratusan sistem pertahanan udara dan drone penyerang dengan daya jangkau melebihi 200 km. Namun, jenis drone yang akan dikirimkan belum diketahui.

Seorang juru bicara Sunak menyatakan, kendati bersedia melatih pilot Ukraina, Inggris Raya tidak menggunakan F-16 dan tidak akan mengirim jet tempur ke Kiev.

"Ukraina lah yang membuat kebijakan untik melatih pilot-pilot mereka untuk F-16 dan Anda tahu bahwa RAF (Angkatan Udara Inggris Raya) tidak menggunakan itu," kata juru bicara tersebut dikutip The Guardian.

Baca Juga: Mengejutkan, Bos Wagner Disebut Bekerja Sama dengan Ukraina Bocorkan Lokasi Tentara Rusia


 

 



Sumber : The Guardian



BERITA LAINNYA



Close Ads x