Kompas TV internasional kompas dunia

Temuan Studi: Lebih dari Separuh Danau dan Waduk Terbesar di Dunia Mulai Mengering, Jadi Pertanda...

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 07:50 WIB
temuan-studi-lebih-dari-separuh-danau-dan-waduk-terbesar-di-dunia-mulai-mengering-jadi-pertanda
Sebuah kapal sedang melewati bukit di Danau Mead di Amerika Serikat tahun 2014, dimana terlihat batas air sebelum dan sesudah kekeringan parah danau tersebut. Lebih dari separuh dari danau dan waduk terbesar di dunia semakin mengecil dan mengancam keamanan air bagi masa depan umat manusia, dengan perubahan iklim dan konsumsi yang tidak berkelanjutan menjadi faktor utama, menurut sebuah studi yang dilakukan pada Kamis, (18/5/2023). (Sumber: The Arizona Republic/Mark Henle)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

COLORADO, KOMPAS.TV - Lebih dari separuh dari danau dan waduk terbesar di dunia semakin mengecil dan mengancam keamanan air bagi masa depan umat manusia, dengan perubahan iklim dan konsumsi yang tidak berkelanjutan menjadi faktor utama, menurut sebuah studi yang dilakukan pada Kamis (18/5/2023).

"Danau di seluruh dunia dalam masalah, dan ini memiliki implikasi yang luas," kata Balaji Rajagopalan, seorang profesor di University of Colorado Boulder dan co-author makalah yang diterbitkan di jurnal Science, seperti yang dikutip oleh France24, Jumat (19/5).

"Kami sangat terkejut mengetahui 25 persen dari populasi dunia tinggal di cekungan danau yang mengalami penurunan," lanjutnya, yang berarti sekitar dua miliar orang terdampak oleh temuan tersebut.

Berbeda dengan sungai yang telah menjadi fokus perhatian ilmiah, danau-danau tidak dipantau dengan baik, meskipun mereka sangat penting untuk keamanan air, kata Rajagopalan.

Namun, bencana lingkungan yang terkenal di badan air besar seperti Laut Caspian dan Laut Aral, memberikan sinyal kepada para peneliti tentang krisis yang lebih luas.

Untuk mempelajari pertanyaan ini secara sistematis, tim peneliti yang melibatkan ilmuwan dari Amerika Serikat, Prancis, dan Arab Saudi, melihat 1.972 danau dan waduk terbesar di Bumi, menggunakan observasi dari satelit dari tahun 1992 hingga 2020.

Baca Juga: Penelitian Terbaru Ungkap Migrasi Prasejarah dari China ke Benua Amerika

Sebuah perahu kecil melihat dari dekat tebing berbeda warna yang menunjukkan perbedaan batas air saat kekeringan parah saat ini di Danau Mead, bukti permukaan airnya yang rendah, saat mengunjungi Bendungan Hoover. (Sumber: Los Angeles Times / Allen J. Schaben )

Mereka berfokus pada badan air tawar yang lebih besar karena satelit lebih akurat dalam skala yang lebih besar, serta pentingnya badan air ini bagi manusia dan satwa liar.

17 Danau Meads mengalami penurunan Dataset mereka menggabungkan citra dari Landsat, program observasi Bumi yang berjalan paling lama, dengan data tinggi permukaan air yang diperoleh melalui altimeter satelit, untuk menentukan bagaimana volume danau berubah selama hampir 30 tahun.

Hasilnya, 53 persen danau dan waduk mengalami penurunan penyimpanan air, dengan tingkat sekitar 22 gigaton per tahun.

Selama seluruh periode yang diteliti, 603 kilometer kubik air (145 mil kubik) hilang, 17 kali lipat volume air di Danau Mead, waduk terbesar di Amerika Serikat.

Untuk mengetahui faktor penyebab tren ini, tim peneliti menggunakan model statistik yang menggabungkan tren iklim dan hidrologi untuk mengidentifikasi faktor alami dan faktor yang disebabkan oleh manusia.

Untuk danau alami, sebagian besar kerugian dikaitkan dengan pemanasan iklim dan konsumsi air oleh manusia.

Peningkatan suhu akibat perubahan iklim menyebabkan penguapan, tetapi juga dapat mengurangi curah hujan di beberapa tempat.




Sumber : France24 / Science.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x