Kompas TV internasional kompas dunia

Silsilah Calon Istri Putra Mahkota Yordania Rajwa Khaled al Saif dengan Keluarga Kerajaan Arab Saudi

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 14:50 WIB
silsilah-calon-istri-putra-mahkota-yordania-rajwa-khaled-al-saif-dengan-keluarga-kerajaan-arab-saudi
Calon istri Pangeran Hussein dari Yordania, Rajwa Khaled yang masih sepupu Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman. Rajwa punya hubungan keluarga dengan Al Saud melalui salah satu keluarga paling berpengaruh di Arab Saudi - klan atau keluarga Sudairi. (Sumber: Instragram/Rajwa Khaled)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

AMMAN, KOMPAS.TV - Pangeran Mahkota Yordania, Al-Hussein bin Abdullah II akan menikahi Rajwa Khaled bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al Saif, yang merupakan sepupu dari putra mahkota Arab Saudi, Rajwa al Saif.

Nama lengkap calon istri Pangeran Mahkota Yordania adalah Rajwa Khaled bin Musaed bin Said bin Abdulaziz al-Saif. Ia terkait secara matrilineal dengan keluarga Al Sudairis, seperti Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Kemeriahan pernikahan kerajaan melanda Yordania menjelang pernikahan Pangeran Mahkota Hussein dan Rajwa Al Saif hari Kamis 1 Juni 2023 besok. Kegembiraan juga memuncak di Arab Saudi tetangga, negeri asal mempelai wanita.

Calon putri kerajaan Yordania ini bukan hanya warga negara Saudi, tetapi juga memiliki hubungan keluarga dengan keluarga kerajaan Saudi yang berkuasa. Dia terhubung dengan Al Saud melalui salah satu keluarga paling berpengaruh di Arab Saudi - keluarga Sudairis.

Berikut ini adalah segala yang perlu Anda ketahui tentang akar-akar keturunannya.

Baca Juga: Yordania Memulai Perayaan Jelang Pernikahan Putra Mahkota Hussein dan Rajwa Al-Saif dari Arab Saudi

Pangeran Mahkota Yordania, Al-Hussein bin Abdullah II akan menikahi Rajwa Khaled bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al Saif, sepupu dari putra mahkota Arab Saudi. Rajwa punya hubungan keluarga dengan Al Saud melalui salah satu keluarga paling berpengaruh di Arab Saudi - klan atau keluarga Sudairi. (Sumber: Jordan News Agency)

Klan Al Sudairi dan Klan Al Saud di Arab Saudi

Rajwa Al Saif adalah putri pengusaha Saudi, Khalid Al Saif, dengan sang ibu, Azza Al Sudairi.

Melalui ibunya, dia dapat melacak akarnya ke salah satu perempuan paling berpengaruh dalam sejarah kerajaan Arab Saudi, yaitu Hussa bint Ahmed Al Sudairi, yang dikenal sebagai "ibu para raja".

Selama beberapa dekade, Sudairi Seven, kebanyakan sudah meninggal, dianggap sebagai pusat kekuatan dalam keluarga kerajaan Saudi.

Hussa bint Ahmed (1900-1969) adalah bibi buyut Rajwa Al Saif dan merupakan istri ketujuh pendiri Kerajaan Arab Saudi, Raja Abdulaziz.

Pernikahan mereka membantu memperkuat hubungan yang sudah erat antara keluarga penguasa Al Saud dan keluarga Sudairi terkemuka, ibu Raja Abdulaziz, Sara bint Ahmed, juga berasal dari klan Sudairi.

Raja Abdulaziz, yang berkuasa dari tahun 1902 hingga kematiannya pada tahun 1953, diyakini memiliki sekitar 100 anak dari puluhan istri dan selir.

Dua di antaranya, Fahd dan Salman, memerintah sebagai raja Saudi Arabia, sementara dua lainnya, Sultan dan Nayef, menjadi putra mahkota.

Baca Juga: Saddam Hussein Masih Jadi Idola Publik Yordania 20 Tahun setelah Dijatuhkan Amerika Serikat

Yordania memulai perayaan menjelang pernikahan putra mahkota kerajaan Yordania, Pangeran Al-Hussein bin Abdullah II dengan Rajwa Khaled bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al Saif, yang masih sepupu putra mahkota kerajaan Arab Saudi hari Rabu, (31/5/2023) (Sumber: Arab News)

Profil Rajwa al Saif

Rajwa al Saif lahir di Riyadh pada 28 April 1994, sebagai anak bungsu dari empat bersaudara.

Ayah Rajwa, Khalid, adalah anggota Suku Subai, suku terkemuka di Semenanjung Arab dengan akar kuno. Dia juga pendiri El Seif Engineering Contracting, yang membangun Menara Kerajaan yang ikonik di Riyadh dan pencakar langit lainnya di Timur Tengah, seperti laporan Associated Press, Rabu (31/5/2023).

Rajwa belajar arsitektur di Syracuse University di New York, di mana ia lulus dengan gelar sarjana pada tahun 2017. Video kelulusan menunjukkan dia menerima gelarnya dengan menggunakan sepatu berkilauan.




Sumber : The National / Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x