Kompas TV internasional kompas dunia

Singgung soal Pilpres 2024 di Forum Internasional, Jokowi: Investasi di Indonesia untuk IKN, Aman

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 20:06 WIB
singgung-soal-pilpres-2024-di-forum-internasional-jokowi-investasi-di-indonesia-untuk-ikn-aman
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung tentang Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 di forum internasional, Ecosperity Week 2023 yang berlangsung di Singapura, Rabu (7/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/Nadia Intan F.)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung tentang Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024 di forum internasional, Ecosperity Week 2023 yang dihelat di Singapura, Rabu (7/6/2023).

Jokowi mengungkapkan, siapa pun nantinya yang akan memimpin Indonesia akan fokus menjadikan tanah air sebagai sumber kekuatan Asia.

"Sungguh, kawan-kawan kita di Singapura tahu betul bahwa siapa pun yang akan memimpin Indonesia, akan fokus menjadikan negara yang besar ini menjadi power house (sumber kekuatan) dan raksasa Asia," ungkap Jokowi dipantau dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (7/6/2023).

Ia lantas menjelaskan bahwa para investor Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak perlu khawatir tentang kondisi politik di Indonesia jelang Pilpres 2024.

"Semuanya akan baik-baik saja. Jangan khawatir, investasi Anda semua di Indonesia akan terus aman dan berkelanjutan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara," tegasnya.

Sebelumnya, Jokowi membuka pidatonya dengan candaan tentang calon pemimpin Indonesia yang akan menggantikan posisinya tahun depan.

"Saya senang berada di sini dan pada hari yang indah ini saya ingin bertanya kepada Anda semua: siapa yang akan memenangkan pemilu presiden tahun depan?" kata Jokowi disambut tawa para hadirin.

Baca Juga: Ketika Jokowi Guyon soal Calon Presiden Baru di Forum Internasional

Jokowi lantas mengangkat dua telapak tangannya dan berpura-pura kaget sambil berkata, "Ah, pidato yang salah".

"Maafkan saya atas pidato yang salah, meski saya tahu Anda semua sangat ingin tahu tentang itu, maafkan saya," ucap Jokowi dalam Bahasa Inggris.

Jokowi menyebut IKN sebagai kota pintar tingkat dunia yang dikelilingi alam, kota hijau dengan 65 persen hutan, serta kota bebas karbon pertama di Indonesia yang punya fasilitas-fasilitas pendidikan dan kesehatan tingkat dunia.

Pembangunan IKN, kata Jokowi, saat ini masih berjalan. Ia menargetkan, infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan akan selesai pada tahun 2024 menggunakan pendanaan nasional.

"Dan untuk sektor swasta, di fase awal kami sudah siapkan 300 paket investasi dengan total nilai USD2,6 miliar di berbagai bidang: perumahan, transportasi, energi, teknologi, dan sebagainya," imbuhnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x