Kompas TV internasional kompas dunia

The Beatles Segera Rilis Rekaman Lagu Baru Terakhir, AI Bantu Pisahkan Vokal Asli John Lennon

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 07:30 WIB
the-beatles-segera-rilis-rekaman-lagu-baru-terakhir-ai-bantu-pisahkan-vokal-asli-john-lennon
John Lennon, anggota The Beatles. The Beatles segera merilis rekaman lagu baru terakhir berkat bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), dengan cara mengambil suara John Lennon dari rekaman demo lama dan menciptakan "rekaman terakhir The Beatles" beberapa dekade setelah band tersebut bubar, kata Paul McCartney, Selasa (13/6/2023). (Sumber: Dailymail)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - The Beatles bakal segera merilis rekaman lagu baru terakhir berkat bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Caranya yakni mengambil suara John Lennon dari rekaman demo lama dan menciptakan "rekaman terakhir The Beatles," beberapa dekade setelah band tersebut bubar. Hal ini diungkapkan Paul McCartney, Selasa (13/6/2023), seperti dilaporkan oleh Associated Press.

McCartney, 80 tahun, mengatakan kepada BBC, teknologi itu digunakan untuk memisahkan suara The Beatles dari suara latar belakang saat pembuatan serial dokumenter Peter Jackson tahun 2021 yang berjudul The Beatles: Get Back. Lagu "baru" ini direncanakan akan dirilis tahun ini.

Jackson "mampu memisahkan suara John dari potongan kaset yang kurang jelas dan sebuah piano," kata McCartney kepada BBC seperti dikutip Associated Press. "Dia bisa memisahkannya dengan AI, dia memberi tahu mesin 'Itu suara, ini gitar, hilangkan gitar.'"

"Jadi ketika kami membuat apa yang akan menjadi rekaman terakhir The Beatles, itu adalah sebuah demo yang dimiliki oleh John dan kami bekerja dengan materi tersebut," tambahnya.

"Kami bisa mengambil suara John dan membuatnya menjadi vokal murni melalui AI ini, sehingga kami bisa me-mixing rekaman seperti biasa. (Teknologi AI) itu memberikan sedikit jalan keluar."

McCartney tidak mengungkapkan nama demo tersebut, tetapi BBC dan sumber lainnya mengatakan kemungkinan itu adalah lagu cinta yang belum selesai oleh Lennon pada tahun 1978 yang berjudul Now and Then.

Demo tersebut disertakan dalam kaset yang bertuliskan "Untuk Paul" yang diterima McCartney dari janda Lennon, Yoko Ono, kata BBC.

Baca Juga: Bohemian Rhapsody Queen dan Hey Jude The Beatles Ternyata Berkait Erat, Gunakan Piano yang Sama

The Beatles (dari kiri ke kanan) Paul McCartney, John Lennon, Ringo Starr, dan George Harrison. The Beatles segera merilis rekaman lagu baru terakhir berkat bantuan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), dengan cara mengambil suara John Lennon dari rekaman demo lama dan menciptakan "rekaman terakhir The Beatles," beberapa dekade setelah band tersebut bubar, kata Paul McCartney hari Selasa (13/6/2023) (Sumber: PA)

Kecerdasan Artifisial dan Musik



Sumber : Associated Press / France24



BERITA LAINNYA



Close Ads x