Kompas TV internasional kompas dunia

Segala yang Perlu Diketahui tentang Kapal Selam Titan yang Hilang Saat Meneliti Titanic

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 19:25 WIB
segala-yang-perlu-diketahui-tentang-kapal-selam-titan-yang-hilang-saat-meneliti-titanic
Pencarian terus dilakukan hari Selasa, (20/6/2023) untuk sebuah kapal selam penelitian laut dalam Titan yang hilang dengan lima orang di dalamnya setelah tenggelam di situs reruntuhan Titanic. (Sumber: New York Post)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

NEWFOUNDLAND, KOMPAS.TV - Pencarian terus dilakukan untuk sebuah kapal selam penelitian laut dalam Titan yang hilang dengan lima orang di dalamnya setelah tenggelam di situs reruntuhan Titanic, yang dilaporkan oleh Associated Press, Selasa, (20/6/2023).

Penjaga Pantai Amerika Serikat memimpin pencarian untuk kapal kecil bernama Titan di Samudra Atlantik Utara. Daerah terpencil ini adalah tempat Titanic menabrak gunung es dan tenggelam pada tahun 1912, menewaskan sebagian besar dari sekitar 2.200 penumpang dan kru.

Selama ini, Titan telah melakukan banyak penyelaman ke reruntuhan oleh Ekspedisi OceanGate sejak tahun 2021. Kapal yang tenggelam ini terletak sekitar 3,8 kilometer di bawah permukaan laut.

Pencarian masih berlanjut. Namun, penyelamat khawatir bahwa kapal selam bernama Titan ini mungkin hanya memiliki beberapa hari saja sebelum sistem dukungan kehidupannya gagal.

Perusahaan eksplorasi bawah laut ini telah mencatat kerusakan kapal serta ekosistem bawah air yang tumbuh di sekitarnya selama satu abad terakhir.

Berikut adalah informasi yang diketahui sejauh ini:

Baca Juga: Kapal Selam yang Meneliti Reruntuhan Titanic Hilang, Lima Awaknya Masih dalam Pencarian

Tampak dalam kapal selam penelitian laut alam Titan. (Sumber: New York Post)

Kapan dan Lokasi Hilangnya Kapal Selam Titan

Kapal menyelam ini tenggelam pada hari Minggu pagi, dan kapal pendukungnya kehilangan kontak dengannya sekitar satu jam 45 menit kemudian, menurut Penjaga Pantai.

Kapal ini dilaporkan terlambat sekitar 700 kilometer di selatan St. John's, Newfoundland, menurut Pusat Koordinasi Penyelamatan Bersama Kanada di Halifax, Nova Scotia.

Titan diluncurkan dari sebuah breaker es yang disewa oleh OceanGate dan sebelumnya dioperasikan oleh Penjaga Pantai Kanada. Kapal ini mengangkut puluhan orang dan kapal selam ke situs reruntuhan di Samudra Atlantik Utara, di mana Titan melakukan beberapa penyelaman.

David Concannon, penasihat OceanGate, mengatakan kepada Associated Press hari Senin (19/06/2023) bahwa kapal selam ini memiliki pasokan oksigen selama 96 jam atau 4 hari.

Concannon menambahkan, para pejabat sedang bekerja untuk mendapatkan kendaraan yang dioperasikan secara remote yang dapat mencapai kedalaman 6.000 meter ke situs tersebut secepat mungkin.

Baca Juga: Rusia Luncurkan Kapal Selam Baru Bernama 'Velikie Luki' di Saint Petersburg!

Daftar Penumpang Kapal Selam Titan

Menurut Penjaga Pantai Amerika Serikat, ada lima orang di dalam kapal selam pada saat kehilangan kontak.

Penjaga Pantai mengatakan, ada satu pilot dan empat "ahli misi" di dalamnya. "Ahli misi" adalah orang-orang yang membayar untuk ikut dalam ekspedisi OceanGate. Mereka bergantian mengoperasikan peralatan sonar dan melakukan tugas lainnya di dalam kapal selam berawak lima orang.

Pebisnis Inggris Hamish Harding, 58 tahun, adalah salah satu ahli misi tersebut.

Harding, miliarder asal Inggris, dikonfirmasi sebagai salah satu penumpang oleh putra tirinya, Brian Szasz, yang mengatakan di Facebook bahwa ayah tirinya ada dalam "pikiran dan doanya".

Harding adalah seorang petualang yang memiliki tiga Rekor Dunia Guinness, termasuk durasi terlama di kedalaman samudra oleh sebuah kapal berawak.




Sumber : Associated Press / Seattle Times / Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x