Kompas TV internasional kompas dunia

Tim Penyelamat Menyatakan Seluruh Penumpang Kapal Selam Titan Tewas

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 03:00 WIB
tim-penyelamat-menyatakan-seluruh-penumpang-kapal-selam-titan-tewas
Kapten Penjaga Pantai AS Jamie Frederick, kiri, Carl Hartsfield, direktur dan manajer program senior Laboratorium Sistem Oseanografi, tengah, dan Paul Hankins, kontraktor sipil Angkatan Laut AS. Lima anggota kru yang hilang dalam kapal selam Titan diduga saat ini telah tewas, kata perusahaan yang memimpin perjalanan kapal selam Titan, OceanGate Expeditions, seperti laporan Associated Press, Jumat (23/6/2023). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

NEWFOUNDLAND, KOMPAS.TV - Penjaga Pantai Amerika Serikat menyatakan kapal selam laut dalam Titan yang hilang meledak dekat reruntuhan Titanic, menewaskan semua lima orang yang ada di dalamnya.

Pejabat Penjaga Pantai dalam konferensi pers pada Kamis (22/6/2023) waktu AS atau hari Jumat waktu Indonesia, mengatakan mereka sudah memberitahu keluarga penumpang dan awak kapal Titan yang hilang selama beberapa hari.

Puing-puing yang ditemukan selama pencarian kapal "konsisten dengan ledakan dahsyat kapal selam," kata Laksamana Muda John Mauger dari Distrik Penjaga Pantai seperti laporan Associated Press, Jumat (23/6/2023).

"Dukungan yang diberikan dalam operasi pencarian yang sangat kompleks ini sangat dihargai. Dukacita terdalam kami disampaikan kepada teman dan keluarga awak kapal," kata Mauger.

OceanGate Expeditions pada hari Kamis (22/6/2023) waktu Amerika Serikat mengumumkan pilot dan CEOnya, Stockton Rush, bersama dengan penumpang Shahzada Dawood dan putranya Suleman Dawood, Hamish Harding, dan Paul-Henri Nargeolet "sayangnya sudah tidak bersama kita."

OceanGate tidak memberikan rincian ketika mereka mengumumkan kabar tersebut atau bagaimana pejabat mengetahui anggota kru tersebut telah meninggal dunia.

Pasokan oksigen kapal selam selama 96 jam kemungkinan habis pada hari Kamis pagi waktu Amerika Serikat.

Baca Juga: Puing-Puing Ditemukan Dekat Bangkai Titanic, Prancis Terjunkan Kendaraan Selam Canggih

Lima anggota kru yang hilang dalam kapal selam Titan diduga saat ini telah tewas, kata perusahaan yang memimpin perjalanan kapal selam Titan, OceanGate Expeditions, seperti laporan Associated Press, Jumat (23/6/2023). (Sumber: AP Photo)

OceanGate secara rutin mendokumentasikan kerusakan Titanic dan ekosistem bawah air di sekitarnya melalui perjalanan tahunan sejak tahun 2021.

Pencarian kapal selam yang hilang dengan lima orang di dalamnya mengalami kemunduran hari Kamis ketika U.S. Coast Guard mengatakan tim penyelamat menemukan sebidang puing-puing ditemukan di dasar laut dekat bangkai kapal Titanic, dan sudah melewati batas kritis 96 jam di mana udara yang dapat dihirup mungkin habis.

Postingan U.S. Coast Guard di Twitter tidak mengatakan apakah tim penyelamat percaya puing-puing tersebut terkait dengan Titan, yang sedang melakukan ekspedisi untuk melihat reruntuhan Titanic. Puing-puing tersebut ditemukan di dalam area pencarian oleh robot bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh, dan sedang dievaluasi.

Titan diperkirakan punya persediaan udara yang cukup untuk empat hari ketika diluncurkan hari Minggu pagi, di Samudra Atlantik Utara, tetapi para ahli telah menekankan itu hanya perkiraan yang tidak akurat dan dapat diperpanjang jika penumpang mengambil langkah-langkah menghemat oksigen yang dapat dihirup. Dan tidak diketahui apakah mereka selamat sejak kapal selam itu menghilang.

Tim penyelamat mengirimkan kapal, pesawat, dan peralatan lain ke lokasi kejadian. Pada hari Kamis, U.S. Coast Guard mengatakan sebuah robot bawah air yang dikirim oleh kapal Kanada telah mencapai dasar laut, sementara sebuah institut penelitian Prancis mengatakan sebuah robot penyelam dengan kamera, lampu, dan lengan yang dapat menyelam dalam juga bergabung dalam operasi tersebut.

Pihak berwenang berharap suara bawah air dapat membantu mempersempit pencarian mereka, yang wilayah cakupannya telah diperluas hingga ribuan mil, dua kali ukuran Connecticut dan di perairan dengan kedalaman 4 kilometer. Pejabat U.S. Coast Guard mengatakan suara bawah air terdeteksi di area pencarian pada hari Selasa dan Rabu.

Baca Juga: Oksigen Diperkirakan Sudah Habis, Misi Pencarian Kapal Selam Wisata Titan Tetap Dilanjutkan

Lima anggota kru yang hilang dalam kapal selam Titan diduga saat ini telah tewas, kata perusahaan yang memimpin perjalanan kapal selam Titan, OceanGate Expeditions, seperti laporan Associated Press, Jumat (23/6/2023). (Sumber: New York Post)



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x