Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Selam Wisata Titanic Diduga Meledak Hari Minggu, Tentara AS Deteksi Suara Keras dari Laut

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 07:22 WIB
kapal-selam-wisata-titanic-diduga-meledak-hari-minggu-tentara-as-deteksi-suara-keras-dari-laut
Lima anggota kru yang hilang dalam kapal selam Titan diduga saat ini telah tewas, kata perusahaan yang memimpin perjalanan kapal selam Titan, OceanGate Expeditions, seperti laporan Associated Press, Jumat, (23/6/2023). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

OTTAWA, KOMPAS.TV – Kru penyelamat kapal selam Titan menyatakan bahwa lima orang yang hilang telah meninggal dunia. Kapal selam tersebut diduga telah meledak pada hari Minggu lalu (18/6/2023), hari yang sama ketika mereka hilang kontak. Kapal selam Titan hilang kontak dalam perjalanan menuju puing-puing kapal Titanic yang tenggelam.

Sistem Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) ternyata telah mendeteksi sebuah anomali hari Minggu lalu. Sistem mereka mendeteksi adanya suara ledakan dari dalam laut yang diduga kuat merupakan ledakan Titan yang fatal. 

Baca Juga: Fakta dan Kisah Mereka yang Wafat di Dasar Samudera Bersama Kapal Titanic

Angkatan Laut kembali dan menganalisis data mereka setelah kapal selam Titan dilaporkan hilang pada hari Minggu. Kemudian pada Kamis (22/6/2023), Pejabat Penjaga Pantai mengkonfirmasi bahwa kapal itu mengalami ledakan dahsyat dan menewaskan lima orang di dalamnya.


 

“Anomali yang kami temukan pada hari Minggu merupakan ledakan di sekitar tempat kapal selam Titan yang hilang dan bersamaan ketika komunikasi terputus,” menurut seorang pejabat senior Angkatan Laut seperti dikutip dari Associated Press.

Baca Juga: Puing-Puing Ditemukan Dekat Bangkai Titanic, Prancis Terjunkan Kendaraan Selam Canggih

Pejabat itu berbicara tanpa menyebut nama karena menjaga kerahasiaan sistem deteksi militer yang sensitif.

Angkatan Laut AS kemudian meneruskan informasi tersebut ke Penjaga Pantai, yang tetap melanjutkan pencariannya, karena Angkatan Laut saat itu belum dapat memastikan suara ledakan itu berasal dari kapal selam Titan. 

Kini ledakan itu dapat dikonfirmasi berasal dari kapal selam Titan, terutama setelah ditemukannya puing kapal selam tersebut.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x