Kompas TV internasional kompas dunia

Tiga Miliuner dan Bapak-Anak Jadi Korban Kapal Selam Wisata Titanic yang Meledak

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 12:15 WIB
tiga-miliuner-dan-bapak-anak-jadi-korban-kapal-selam-wisata-titanic-yang-meledak
-an
Hamish Harding, salah satu miliuner yang menjadi korban kapal selam wisata bangkai Titanic. (Sumber: Action Aviation via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti
-an
Hamish Harding, salah satu miliuner yang menjadi korban kapal selam wisata bangkai Titanic. (Sumber: Action Aviation via AP)

EVERETT, KOMPAS.TV - Hilangnya kapal selam wisata Titan yang jelajahi bangkai kapal Titanik akhirnya mencapai babak akhir.

Lima penumpang dinyatakan tewas dalam kapal selam Titan yang meledak di perairan Atlantik Utara, Kamis (22/6/2023). Dari kelima orang tersebut, tiga di antaranya diketahui miliuner.

Ketiga orang tersebut, Hamish Harding, Shahzada Dawood, dan Stockton Rush, yang merupakan pengemudi dan juga pendiri OceanGate, perusahaan yang mengoperasikan kapal selam tersebut.

Baca Juga: Ironis, Sutradara Film Titanic Lihat Ada Kesamaan Tragedi Kapal Selam Titan dan Tenggelamnya Titanic

Sedangkan dua orang lainnya, adalah pakar kapal Titanic, Paul-Henri Nargeolet, serta bapak-anak Shahzada Dawood dan Suleman Dawood. Shahzada berusia 48 tahun, sedangkan putranya berusia 19 tahun. Mereka merupakan warga Pakistan. 

Keluarga Dawood adalah salah satu keluarga paling terkemuka di Pakistan dan perusahaan mereka, Dawood Hercules Corp., berbasis di Karachi, bergerak di bidang pertanian, petrokimia, dan infrastruktur telekomunikasi. Keluarga mereka merupakan salah satu keluarga terkaya di Pakistan. 

Dikutip dari The Guardian, Hamish Harding, 58 tahun merupakan pemimpin dari perusahaan pesawat pibadi, Avrion Aviation.

Harding merupakan seorang penerbang, dan memiliki lisensi untuk pilot maskapai transportasi dan peringkat tipe jet bisnis, termasuk Gulfstream G650.

Ia juga dilantik seorang penerjun payung, dilantik menjadi Legenda Penerbangan Hidup pada 2022, dan menjadi wali dari klub penjelajah.




Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x