Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Pengangkut 3.000 Mobil Listrik Terbakar di Lepas Pantai Belanda, Seorang Kru Tewas

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 01:05 WIB
kapal-pengangkut-3-000-mobil-listrik-terbakar-di-lepas-pantai-belanda-seorang-kru-tewas
Kebakaran kapal Fremantle Highway pengangkut hampir 3.000 mobil berkecamuk di Laut Utara lepas pantai Belanda hari Rabu, (26/7/2023) dan penjaga pantai Belanda mengabarkan seorang kru tewas, beberapa lainnya luka-luka, dan mereka sedang berusaha menyelamatkan kapal agar tidak tenggelam di dekat habitat penting bagi burung migrasi. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

DEN HAAG, KOMPAS.TV - Kebakaran kapal pengangkut hampir 3.000 mobil berkecamuk di Laut Utara lepas pantai Belanda, Rabu (26/7/2023). Penjaga pantai Belanda mengabarkan seorang kru tewas, beberapa lainnya luka-luka, dan mereka sedang berusaha menyelamatkan kapal agar tidak tenggelam di dekat habitat penting bagi burung migrasi.

Kapal-kapal dan helikopter digunakan untuk menyelamatkan 23 kru kapal setelah mereka gagal memadamkan api, demikian disampaikan oleh penjaga pantai dalam pernyataannya seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Rabu (26/7/2023).

Penyebab kebakaran belum diketahui dengan pasti, dan belum jelas bagaimana kru yang tewas meninggal.

Kapal Fremantle Highway sedang berlayar dari Bremerhaven, Jerman, menuju Singapura ketika terbakar sekitar 27 kilometer di utara pulau Ameland, Belanda.

Sementara api terus berkobar sepanjang hari, sebuah perusahaan penyelamat mengirimkan ahli untuk menilai kemungkinan mengikatkan kabel pada kapal yang bisa digunakan untuk menariknya, kata penjaga pantai.

Beberapa anggota kru melompat dari dek kapal ke laut dan diselamatkan oleh perahu penyelamat, demikian dikatakan oleh kapten perahu penyelamat kepada stasiun televisi Belanda, NOS.

Baca Juga: Indonesia Sambut Belanda Kembalikan Harta Rampasan Kolonial, Bagian Upaya Dunia Kembalikan Rampasan

Kebakaran kapal Fremantle Highway pengangkut hampir 3.000 mobil berkecamuk di Laut Utara lepas pantai Belanda, Rabu (26/7/2023). Penjaga pantai Belanda mengabarkan seorang kru tewas, beberapa lainnya luka-luka, dan mereka sedang berusaha menyelamatkan kapal agar tidak tenggelam di dekat habitat penting bagi burung migrasi. (Sumber: AP Photo)

Beberapa kru mengalami patah tulang, luka bakar, dan masalah pernapasan, dan mereka dibawa ke rumah sakit di utara Belanda oleh layanan darurat.

"Saat ini, ada banyak kapal di lokasi kejadian untuk memantau situasi dan mencari cara untuk mengendalikan api," kata juru bicara penjaga pantai, Lea Versteeg, melalui telepon.

"Tapi semuanya tergantung pada cuaca dan kerusakan pada kapal. Jadi, kami saat ini sedang bekerja untuk mencari cara agar ... situasi terburuk dapat dihindari," tambah Versteeg.

Ditanya apakah mungkin kapal itu akan tenggelam, dia menjawab, "Itu adalah salah satu skenario yang kami pertimbangkan dan kami siap untuk menghadapi semua kemungkinan."

Pada siang hari, dua kapal berada di samping kapal pengangkut, menyiram sisi kapal dengan air untuk mendinginkannya, kata penjaga pantai, tetapi petugas pemadam kebakaran masih belum dapat mencoba memadamkan api dan asap terus membeludak dari ruang kargo.

Gambar yang diterbitkan sore hari oleh penjaga pantai menunjukkan asap kelabu membeludak dari kapal yang terkena musibah tersebut.

Baca Juga: Sempat Minta Maaf ke Indonesia, PM Belanda Mark Rutte Mundur, Kegagalan Ini Penyebabnya

Kebakaran kapal Fremantle Highway pengangkut hampir 3.000 mobil berkecamuk di Laut Utara lepas pantai Belanda, Rabu (26/7/2023). Penjaga pantai Belanda mengabarkan seorang kru tewas, beberapa lainnya luka-luka, dan mereka sedang berusaha menyelamatkan kapal agar tidak tenggelam di dekat habitat penting bagi burung migrasi. (Sumber: AP Photo)



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x