Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Retno Sebut Kontingen Indonesia di Jambore Pramuka Dunia di Korsel dalam Kondisi Baik

Kompas.tv - 6 Agustus 2023, 22:00 WIB
menlu-retno-sebut-kontingen-indonesia-di-jambore-pramuka-dunia-di-korsel-dalam-kondisi-baik
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan kondisi kontingen Indonesia di Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan (Korsel) dalam kondisi baik-baik saja. 

"Jambore. Jadi delegasi kita menurut KBRI Seoul jumlahnya ada sekitar 1.500. Alhamdulillah mayoritas mereka hampir semuanya dalam kondisi baik-baik saja," kata Retno Marsudi dari keterangan yang diterima Kompas.tv, Minggu (6/8/2023).

"Memang tantangannya berat sekali terutama dari sisi cuaca karena memang panas sekali dan dari waktu ke waktu saya terus pantau mereka melalui kedutaan kita di Seoul. Jadi alhamdulillah anak-anak dalam kondisi baik."

Selain itu, Retno mengungkapkan jumlah delegasi Indonesia sekitar 1.500 orang. 

Baca Juga: Ngeyel, Pemerintah Korea Selatan Teruskan Jambore Pramuka Dunia Walau Ratusan Sakit

Seperti diketahui, Korea Selatan tengah dilanda gelombang panas dan berimbas pada kegiatan Jambore Pramuka Dunia yang terngah berlangsung di negara tersebut. 

Acara yang diselenggarakan di Buan, Korea Selatan, mulai Selasa (1/8/2023) diikuti lebih dari 43.000 pramuka dari 158 negara.

Pada Sabtu (4/8), ribuan pramuka dari Inggris Raya dan Amerika Serikat (AS) dilaporkan dipulangkan ke negaranya masing-masing. Mereka dipulangkan dengan pertimbangan gelombang panas yang memengaruhi kondisi di lokasi perkemahan.

Pemerintah Korea Selatan menolak mengikuti permintaan Organisasi Gerakan Pramuka Dunia (WOSM) yang meminta jambore dihentikan.

Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo menyebut jambore yang berlangsung sejak Rabu (2/8/2023) ini akan diselesaikan sesuai rencana, yakni pada 12 Agustus mendatang.

"Kami akan terus lanjut hingga para peserta merasa sepenuhnya puas," kata Han dikutip Associated Press, Sabtu (5/8).

Baca Juga: Ngeyel, Pemerintah Korea Selatan Teruskan Jambore Pramuka Dunia Walau Ratusan Sakit

Sementara itu, Retno Marsudi juga mengatakan, belum ada rencana menarik pulang kontingen Indonesia dari acara tersebut. 

"Belum (ada rencana menarik delegasi). Tadi pas sebelum mulai ini sudah masuk Istana saya melakukan telepon lagi dan saya tanya rencana mereka dan so far belum ada rencana apa-apa," terang Retno.

"Mudah-mudahan kondisi membaik dalam arti cuaca menjadi tidak semakin panas. Tetapi yang patut kita syukuri adalah sebagian besar dari mereka dalam kondisi baik-baik saja," pungkasnya. 


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x