Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong-Un Maki Pejabat Korea Utara karena Dianggap Gagal Cegah Kerusakan akibat Badai Tropis

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 06:20 WIB
kim-jong-un-maki-pejabat-korea-utara-karena-dianggap-gagal-cegah-kerusakan-akibat-badai-tropis
Dalam foto tak bertanggal yang dirilis pemerintah Korea Utara, Senin, 14 Agustus 2023, tampak pemimpin Kim Jong-un (tengah) mengunjungi wilayah yang dilanda badai tropis Khanun di Anbyon, Provinsi Kangwon, Korea Utara. (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

 

PYONGYANG, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dilaporkan memaki pejabatnya dan menyebut mereka tidak bertanggung jawab.

Hal itu dikarenakan kegagalan mereka dalam mencegah kerusakan yang disebabkan badai tropis yang melanda Semenanjung Korea pekan lalu.

Kemarahan Kim Jong-Un itu diungkapkan oleh media Korea Utara, KCNA, Senin (14/8/2023).

Baca Juga: Zelenskyy Mengamuk Rusia Tembakkan Rudal yang Tewaskan 7 Orang Termasuk Bayi, Janjikan Pembalasan

Badai tropis Khanun melanda Jepang dan kemudian berbelok ke arah Semenanjung Korea, dan bergerak ke Korea Utara pada Jumat (11/8/2023) pagi.

Bencana alam biasanya memiliki dampak hebat di Korea Utara yang terisolasi dan miskin karena infrastrukturnya yang lemah. Sementara penggundulan hutan membuat Korea Utara rentan dilanda banjir.

Saat mengunjungi lahan pertanian yang terdampak banjir di Kabupaten Anbyon, Kim Jong-un mengatakan wilayah itu terkena dampak paling parah akibat badai Khanun.

Seperti dilaporkan, Kim Jong-un menegaskan hal itu terjadi sepenuhnya karena sikap kerja pejabat yang tak bertanggung jawab dan kronis.

“Para pejabat di kawasan itu tidak peka terhadap tindakan negara dan tak mengambil tindakan, dan akibatnya kawasan itu mengalami lebih banyak kerusakan dibandingkan kawasan lain,” ujar Kim Jong-un, seperti dilaporkan KCNA, dikutip dari Channel News Asia.

Baca Juga: Arab Saudi Tunjuk Dubes Pertama untuk Palestina, Israel Tak Izinkan Misi Diplomatik di Yerusalem

Saat badai mendekati Semenanjung Korea, Korea Utara melakukan kampanye dinamis untuk mengatasi bencana iklim.

Mereka juga menyerukan langkah-langkah untuk meminimalkan kerusakan pada hasil ekonomi negara.

Korea Utara baru saja melaksanakan pertemuan tingkat tinggi Partai Buruh Korea pada Februari lalu untuk membahas masalah pertanian dan kekurangan pangan.


 




Sumber : Channel News Asia


BERITA LAINNYA



Close Ads x