Kompas TV internasional kompas dunia

Korban Tewas Kebakaran Hawaii Tembus 99 Orang, Jumlahnya Diperkirakan Bertambah 2 Kali Lipat

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 10:55 WIB
korban-tewas-kebakaran-hawaii-tembus-99-orang-jumlahnya-diperkirakan-bertambah-2-kali-lipat
Seorang bocah laki-laki mengendarai sepeda motor melewati bangunan yang hangus akibat kebakaran di Lahaina, Hawaii, Amerika Serikat, Jumat, 11 Agustus 2023. (Sumber: AP Photo/Rick Bowmer)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

LAIHANA, KOMPAS.TV - Korban kebakaran di Pulau Maui, Hawaii, Amerika Serikat bertambah menjadi 99 orang pada Senin (14/8/2023).

"Kabar terbaru, 99 orang terkonfirmasi meninggal dunia," ungkap Gubernur Maui, Josh Green, Senin (14/8/2023).

Ia memprediksi, jumlah korban akan meningkat signifikan dalam sepuluh hari mendatang. Sebab upaya pencarian masih terus dilakukan.

"Jumlah tersebut akan naik signifikan dalam sepuluh hari ke depan, angkanya bisa dua kali lipat," jelasnya, dilansir dari France24.

Sebelumnya, ia mengatakan pihaknya fokus melakukan pencarian jasad korban.

“Fokus kami mencari para korban atau sisa-sisa jasad mereka,” kata Josh Green, Sabtu (12/8/2023) dilansir dari BBC News.

Jumlah korban meninggal dunia ini disebut melampaui kebakaran Camp Fire di California pada 2018, yang hampir melenyapkan kota kecil Paradise dari peta dan menewaskan 86 orang.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Hawaii Hanguskan Kota Hanya dalam 4 Jam

Sementara itu, Kepala Polisi Maui John Pelletier mengatakan, baru sebagian kecil dari zona bencana yang telah disisir petugas dan hanya dua korban yang telah diidentifikasi.

Ia menyebut, para korban tewas dalam kebakaran di Hawaii itu mengalami luka bakar yang parah.

Bahkan, ia menyebut jasad para korban yang mereka temukan seperti terbakar api yang melelehkan logam. 

"Kami harus melakukan tes DNA secara cepat untuk mengidentifikasi semuanya. Ketika kami mengambil jenazah, mereka hancur berantakan," jelas Pelletier dilansir dari Agence France-Presse (AFP).

 

Pihak kepolisian pun mendorong orang-orang yang merasa kehilangan keluarganya untuk segera memberikan sampel DNA demi mempercepat proses identifikasik jenazah.

Baca Juga: Tragedi Kebakaran Hawaii: Kisah Alarm Peringatan Dini Bencana yang Tak Berbunyi

"Ini adalah kebakaran yang luar biasa dahsyat dan kondisinya sangat sulit untuk dilalui," kata Jeremy Greenberg, seorang pejabat Badan Manajemen Darurat Federal, dalam jumpa pers hari Senin.

Petugas pemadam kebakaran berjuang melawan setidaknya satu kebakaran lain di Maui pada Sabtu malam, di pedalaman pegunungan Upcountry.




Sumber : AFP, BBC, France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x