Kompas TV internasional kompas dunia

Intip Aksi Warga Indonesia Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Ujung Selatan Bumi, Digelar KBRI Wellington

Kompas.tv - 17 Agustus 2023, 18:08 WIB
intip-aksi-warga-indonesia-rayakan-hut-kemerdekaan-ri-di-ujung-selatan-bumi-digelar-kbri-wellington
Upacara peringatan HUT ke-78 RI berlangsung khidmat di Wisma Duta Wellington dengan berlatar belakang Selat Cook dan Wellington Harbour yang indah, 17 Agustus 2023. (Sumber: KBRI Wellington)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik (RI) Indonesia diperingati secara khidmat dan meriah di ibu kota Selandia Baru, Wellington, yang merupakan perwakilan RI paling selatan di muka bumi. 

Bertempat di Wisma Duta, upacara bendera dan acara syukuran diikuti oleh ratusan warga masyarakat Indonesia di Wellington dan sekitarnya. 

“Upacara hari ini sangat istimewa karena untuk pertama kalinya sang merah putih berkibar di atas bukit Northland dengan dengan latar belakang Wellington Harbour,” ungkap Duta Besar Fientje Maritje Suebu. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang menyelenggarakan upacara di KBRI Wellington, upacara tahun ini berlangsung di halaman Wisma Duta dengan latar belakang pemandangan kota Wellington dan Selat Cook yang indah. 

Baca Juga: Salat di Stadion Besar, Iduladha di Wellington Berlangsung Meriah, ada Hadiah Buku Gratis dan Bazzar

Upacara bendera diikuti sekitar 150 orang yang terdiri dari keluarga besar KBRI Wellington, Ketua Organisasi Kemasyarakatan, dan Perhimpunan Pelajar Indonesia. 

Usai upacara, Duta Besar Fientje secara simbolis menyerahkan E-KTP kepada perwakilan masyarakat. Penerbitan E-KTP merupakan program uji coba di KBRI Wellington agar WNI yang telah menetap lama di luar negeri bisa mendapatkan KTP selayaknya warga Indonesia yang bermukim di Tanah Air.

 


 

Acara kemudian dilanjutkan dengan syukuran HUT RI yang ditandai dengan prosesi potong tumpeng dan permainan bagi dewasa dan anak-anak.

Berbagai permainan yang diselenggarakan di antaranya adalah lomba makan kerupuk, balap kardus, dan balap kelereng. Tentu saja berbagai kuliner khas Indonesia menemani jalannya acara. 

Baca Juga: Berlangsung Khidmat, Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka Selesai Digelar

Dalam sambutannya saat acara syukuran, Dubes RI Wellington kembali menghimbau seluruh masyakarat Indonesia untuk menjadikan selebrasi HUT Kemerdekaan sebagai momen refleksi sejarah perjalanan bangsa.

Untuk memetik hal-hal baik dan menjadikannya pendorong bagi melajunya Indonesia menjadi lebih maju.

Sebelumnya, rangkaian acara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia telah dimulai sejak awal Juli 2023 melalui sejumlah kompetisi olahraga yaitu bola voli, bola basket, tenis meja, bowling, gaple, dan biliar. 

Sebagai acara puncak peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, KBRI Wellington akan mengadakan Resepsi Diplomatik pada 12 September mendatang. 
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x