Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah AS Bangun Pagar di Perbatasan, Disindir Meksiko dengan Tugu dari Puing Tembok Berlin

Kompas.tv - 3 September 2023, 17:04 WIB
pemerintah-as-bangun-pagar-di-perbatasan-disindir-meksiko-dengan-tugu-dari-puing-tembok-berlin
Tugu peringatan dari puing Tembok Berlin yang dipancang dekat pagar perbatasan Amerika Serikat-Meksiko di Tijuana, Meksiko, 25 Agustus 2023. (Sumber: Gregory Bull/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

TIJUANA, KOMPAS.TV - Meksiko menyindir kebijakan pemerintahan Joe Biden yang melanjutkan sebagian pagar perbatasan yang diinisiasi pemerintahan Donald Trump. Sebuah tugu dari reruntuhan Tembok Berlin dipancang beberapa meter di dekat pagar perbatasan AS-Meksiko di Tijuana.

Tugu tersebut diatribusikan ke Wali Kota Tijuana Montserrat Caballero dan dinamai "Dunia tanpa Tembok." Tugu seberat 3 ton ini pun segera menarik perhatian warga setempat dan wisatawan.

"Semoga ini menjadi pelajaran untuk membangun sebuah masyarakat yang meruntuhkan tembok dan membangun jembatan-jembatan," demikian tulis inskripsi tugu tersebut sebagaimana dikutip Associated Press, Minggu (3/9/2023).

Baca Juga: Sukarelawan di Meksiko Temukan 27 Mayat Mengenaskan di Kota Perbatasan Utara Dekat AS

Tugu itu diresmikan oleh Caballero dan mantan menteri luar negeri Meksiko, Marcelo Ebrard pada 13 Agustus silam. Caballero sendiri menganggap dirinya sebagai seorang migran sebelum menjadi wali kota Tijuana.

"Kenapa di Tijuana? Berapa banyak keluarga yang mengorbankan darah, kerja, dan nyawa untuk melalui tembok ini?" kata Caballero.

"Konflik sosial dan politiknya berbeda dari Tembok Berlin, tetapi pada akhirnya ini sama saja sebuah tembok. Dan sebuah tembok selalu menjadi sphinx yang membelah dan melukai bangsa-bangsa," ucapnya.

Pembangunan pagar sepanjang perbatasan AS-Meksiko sendiri sempat dihentikan Joe Biden ketika hari pertama menjabat. Namun, pemerintahan Biden akhirnya melanjutkan beberapa proyek pagar yang telah dibangun sebagian.

Baca Juga: KKB Meksiko Cegat dan Culik 14 Polisi di Chiapas, Polwan Dibiarkan Pergi




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x