Kompas TV internasional kompas dunia

Musim Panas Tahun Ini Catat Rekor Suhu Panas Tinggi Bumi Sepanjang Masa!

Kompas.tv - 7 September 2023, 05:15 WIB
musim-panas-tahun-ini-catat-rekor-suhu-panas-tinggi-bumi-sepanjang-masa
Warga Israel dan Palestina mandi di mata air alami yang sejuk di Gurun Yudea, Tepi Barat, 1 Agustus 2023. Badan cuaca PBB mengatakan bumi mengalami musim panas terpanas yang pernah ada saat rekor suhu panas di bulan Agustus mengakhiri tiga bulan yang brutal dan mematikan di belahan bumi utara. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

JENEWA, KOMPAS.TV - Bumi melalui musim panas yang paling panas yang pernah diukur secara modern di Belahan Bumi Utara. Agustus menjadi musim panas paling brutal dan mematikan dalam sejarah yang diumumkan oleh Organisasi Meteorologi Dunia WMO.

Agustus adalah bulan kedua paling panas yang pernah diukur, hanya kalah oleh Juli 2023. Hal itu diungkap WMO dan layanan iklim Eropa Copernicus, Rabu (6/9/2023), seperti dilansir Associated Press.

Suhu Agustus berada sekitar 1,5 derajat Celsius lebih hangat dari rerata pra-industri, yang merupakan ambang batas pemanasan yang dihindari dunia agar jangan sampai terlampaui. Tetapi, ambang batas kenaikan 1,5 derajat Celsius adalah selama beberapa dekade, bukan hanya satu bulan, sehingga para ilmuwan tidak menganggap bahwa melewati ambang batas tersebut dalam waktu singkat adalah signifikan.

Lautan dunia, lebih dari 70% permukaan Bumi, mencatat suhu rerata terpanas yang pernah diukur, hampir 21 derajat Celsius, mencatatkan rekor suhu tinggi selama tiga bulan berturut-turut, kata WMO dan Copernicus.

"Saat-saat musim panas bukan hanya menyalak, mereka menggigit," kata Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres dalam sebuah pernyataan. "Kegagalan iklim telah dimulai."

Sejauh ini, tahun 2023 adalah tahun kedua terpanas yang pernah tercatat, setelah tahun 2016, menurut Copernicus.

Para ilmuwan menyebut perubahan iklim yang semakin hangat dituding akibat aktivitas manusia dari pembakaran batu bara, minyak, dan gas alam dengan dorongan tambahan dari El Nino alami, yaitu pemanasan sementara beberapa bagian Samudra Pasifik yang mengubah cuaca di seluruh dunia.

Biasanya, El Nino, yang dimulai lebih awal tahun ini, menambah panas tambahan pada suhu global, tetapi lebih kuat pada tahun kedua.

Baca Juga: Suhu Bumi Makin Panas! Juli Dilewati dengan Sangat Terik, Ilmuwan Catat Sebagai Rekor Bulan Terpanas

Seorang pria berjemur dalam suhu tinggi di Marseille, Prancis selatan, 19 Agustus 2023. Badan cuaca PBB mengatakan bumi terik selama musim panas terpanas saat rekor panas pada bulan Agustus mengakhiri tiga bulan yang brutal dan mematikan di belahan bumi utara. (Sumber: AP Photo)

Klimatolog Andrew Weaver mengatakan angka-angka yang diumumkan oleh WMO dan Copernicus tidak mengejutkan, seraya meratapi bagaimana pemerintah tampaknya tidak serius dalam menghadapi masalah pemanasan global.

Dia mengungkapkan keprihatinan bahwa masyarakat akan lupa tentang masalah ini ketika suhu turun lagi.

"Saatnya bagi para pemimpin dunia untuk mulai berkata jujur," kata Weaver, seorang profesor di Sekolah Ilmu Bumi dan Oseanografi Universitas Victoria di Kanada.

"Kita tidak akan membatasi pemanasan menjadi 1,5 C; kita tidak akan membatasi pemanasan menjadi 2,0 C. Semua orang sekarang harus ikut membantu untuk mencegah pemanasan global 3,0 C - tingkat pemanasan yang akan menimbulkan kerusakan di seluruh dunia," tutur Andrew Weaver.

Copernicus, sebuah divisi dari program luar angkasa Uni Eropa, punya catatan sejak tahun 1940, tetapi di Inggris dan Amerika Serikat (AS), catatan global sudah ada sejak pertengahan abad ke-19 dan badan cuaca serta ilmu pengetahuan di sana diperkirakan akan segera melaporkan bahwa musim panas tahun ini merupakan yang terpanas sepanjang masa.

"Yang kami amati, bukan hanya ekstrem yang baru tetapi juga keadaan ekstrim yang bertahan lama, dan dampak yang ditimbulkan oleh kondisi-kondisi rekor ini, baik pada manusia maupun planet, adalah konsekuensi yang jelas dari pemanasan iklim," kata Direktur Layanan Perubahan Iklim Copernicus, Carlo Buontempo.


Ilmuwan menggunakan cincin pohon, inti es, dan proxy lainnya untuk memperkirakan bahwa suhu sekarang lebih hangat daripada yang pernah tercatat dalam sekitar 120.000 tahun. Dunia pernah lebih hangat sebelumnya, tetapi itu sebelum peradaban manusia, lautan lebih tinggi, dan kutub tidak bersalju.

Sejauh ini, suhu harian September lebih tinggi daripada yang pernah tercatat sebelumnya untuk waktu tahun ini, menurut Climate Reanalyzer Universitas Maine. Sementara udara dan lautan dunia memecahkan rekor suhu panas, Antartika terus memecahkan rekor suhu rendah es laut, kata WMO.

 

 



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x