Kompas TV internasional kompas dunia

Ikut Jaga Stabilitas Keamanan di Afrika Tengah, Pasukan FPU 4 Minuska Terima Penghargaan dari PBB

Kompas.tv - 8 September 2023, 23:00 WIB
ikut-jaga-stabilitas-keamanan-di-afrika-tengah-pasukan-fpu-4-minuska-terima-penghargaan-dari-pbb
Sebanyak 158 personel Satgas Formed Police Unit (FPU) 4 Garuda Bhayangkara Indonesia yang bertugas dalam misi Minusca mendapatkan penghargaan tertinggi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Kamis (8/9/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

BANGUI, KOMPAS.TV - Sebanyak 158 personel Satgas Formed Police Unit (FPU) 4 Garuda Bhayangkara Indonesia yang bertugas dalam misi Minusca mendapatkan penghargaan tertinggi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Para personel FPU 4 Indonesia yang terdiri dari 140 FPU dan 18 Individual Police Office (IPO) ini dinilai berhasil ikut menjaga stabilitas keamanan di Bangui, Afrika Tengah.

Mereka melakukan patroli keamanan dan misi kemanusiaan secara langsung selama satu tahun. Tak hanya itu, IPO yang bertugas juga membantu misi perdamaian dengan menjadi staf di PBB.

Baca Juga: Sekjen PBB Minta Ada Strategi Bersama dan Dana Tambahan untuk Selesaikan Krisis Myanmar

Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadivhubinter) Mabes Polri Irjen Pol Krishna Murti mengatakan, keterlibatan Indonesia dalam misi perdamaian di Bangui ini merupakan salah satu amanat dari konstitusi.

“Indonesia tidak hanya ikut dalam misi perdamaian Minusca ini saja, tetapi polisi Indonesia ikut lebih di 15 misi kemanusiaan dunia, seperti UNPOL di Untag Namibia, Kamboja, UNPOL di Unama Afghanistan, IPOH MINUSTAH di Haiti hingga IPO di UNISFA Abyei,” ucap Krishna, Kamis (7/9/2023).


Wakil Khusus Sekretaris Jenderal PBB di Afrika Tengah Valentine Rugwabiza juga mengapresiasi kinerja pasukan Indonesia di Bangui. 

“Tim FPU MINUSCA 4, selama satu tahun bertugas disini, telah memberikan dedikasi yang tinggi kepada masyarakat Afrika Tengah. Tetap menjaga keamanan warga Bangui meski jauh dari rumah dan keluarga,” ucap pimpinan United Nations Multidimensional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic (Minusca) itu.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Afrika, Pengusaha Indonesia dan Mozambik Jalin Kerja Sama

Pemberian penghargaan itu dilakukan di lapangan upacara Garuda Camp, Bangui, Afrika Selatan. Pasukan FP4 Minusca mendapatkan medal parade atau medali penghargaan peacekeeping.

Valentine Rugwabiza dan Krishna Murti secara langsung menyematkan medali tersebut kepada para personel. 

Para tamu yang terdiri dari komandan kontingen negara tetangga yang juga bertugas di Bangui juga ikut masuk ke dalam barisan untuk menyematkan medali penghargaan. 

Sebagai informasi, pasukan FPU 4 Minusca akan menyelesaikan tugas pada 22 September 2023 mendatang. Mereka akan digantikan oleh pasukan FPU 5 Minusca yang akan datang pada 21 September 2023.

Laporan dari Ni Putu Trisnanda.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x