Kompas TV internasional kompas dunia

Naik Kereta AntiPeluru, Kim Jong Un Tiba di Rusia untuk Bertemu Vladimir Putin

Kompas.tv - 12 September 2023, 17:39 WIB
naik-kereta-antipeluru-kim-jong-un-tiba-di-rusia-untuk-bertemu-vladimir-putin
Foto ini dari tanggal 10 September 2023 yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara menunjukkan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, melambaikan tangan dari sebuah kereta di Pyongyang, Korea Utara, saat ia berangkat ke Rusia. Jurnalis independen tidak diberikan akses untuk meliput acara yang digambarkan dalam gambar ini yang didistribusikan oleh pemerintah Korea Utara. Isi dari gambar ini sesuai dengan yang diberikan dan tidak dapat diverifikasi secara independen. Teks berbahasa Korea pada gambar yang disediakan oleh sumbernya berbunyi: KCNA, yang merupakan singkatan dari Korean Central News Agency. (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

SEOUL, KOMPAS.TV - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, telah tiba di Rusia pada hari Selasa (12/9/2023) untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Keduanya diyakini akan saling memberikan dukungan yang lebih besar dalam konfrontasi mereka yang meningkat dengan Barat.

Dilansir dari Associated Press, Kim Jong Un disebut akan meminta bantuan ekonomi dan teknologi militer dari Rusia sebagai imbalan untuk persenjataan yang akan digunakan dalam perang Rusia di Ukraina.

Kantor berita resmi Korea Utara, Korean Central News Agency, mengatakan bahwa Kim menumpang kereta antipeluru pribadinya menuju Rusia pada Minggu (10/9/2023) sore, ditemani oleh anggota partai pemerintah dan militer.

Setelah beberapa dekade hubungan yang rumit dan penuh ketegangan antara Rusia dan Korea Utara, hubungan kedua negara sekarang semakin dekat sejak invasi Moskow ke Ukraina pada tahun 2022. 

Hubungan yang semakin mendekat ini bermula dari kebutuhan Putin akan pasokan persenjataan perang dan upaya Kim untuk memperkuat hubungan antara Moskow dan Beijing sebagai bagian dari usahanya untuk keluar dari isolasi diplomatik.

Dalam perjalanan ke Rusia, militer Korea Selatan menyebut bahwa kereta Kim Jong Un sudah memasuki wilayah Rusia pada Selasa pagi.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, juga mengonfirmasi bahwa Kim Jong Un telah memasuki Rusia, dan melaporkan bahwa keretanya telah melintasi Sungai Razdolnaya, di sebelah utara Vladivostok.

Menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan, berdasarkan foto-foto yang beredar, pada pertemuan dengan Putin ini, Kim Jong Un ditemani oleh Jo Chun Ryong, seorang pejabat partai pemerintah yang bertanggung jawab atas kebijakan persenjataan.

Hal ini semakin menegaskan tujuan pertemuan Kim Jong Un dan Putin terkait suplai senjata.

Baca Juga: Potret Detik-Detik Keberangkatan Kim Jong Un Pakai Kereta Lapis Baja ke Rusia



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x