Kompas TV internasional kompas dunia

Vladimir Putin Sambut Langsung Kim Jong Un di Kosmodrom Vostochny

Kompas.tv - 13 September 2023, 12:38 WIB
vladimir-putin-sambut-langsung-kim-jong-un-di-kosmodrom-vostochny
Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut langsung pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un sebelum memulai kunjungan ke peluncuran kosmodrom Vostochny, Rabu (13/9/2023). (Sumber: Foto: Vladimir Smirnov, TASS.)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut langsung kedatangan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un di Kosmodrom Vostochny, Rabu (13/9/2023) waktu setempat.

Berdasarkan rilis dari Kremlin, Putin dan Kim kemudian memulai kunjungan di kosmodrom baru tersebut yang menjadi tempat perakitan kendaraan peluncuran kompleks roket luar angkasa Angara, kompleks peluncuran roket luar angkasa Soyuz-2, dan kompleks peluncuran Angara yang sedang dibangun.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Badan Antariksa Rusia (Roscosmos), Yuri Borisov, dan Direktur Umum Pusat Pengoperasian Infrastruktur Luar Angkasa Berbasis Darat, Nikolai Nesterchuk, menjadi sosok yang menjelaskan kepada Putin dan Kim mengenai berbagai teknologi yang tengah dikembangkan tersebut.

Sementara dilansir dari Associated Press, pertemuan kedua pemimpin tersebut terlihat sangat akrab.

Saat Putin menyambut Kim Jong Un, keduanya berjabat tangan dengan Presiden Rusia mengatakan "sangat senang bertemu dengan Anda".

Penerjemah Kim lantas mengungkapkan berterima kasih kepada Putin atas sambutan hangatnya di tengah kesibukan yang dimilikinya.

Baca Juga: Disambut Menteri Putin, Kim Jong Un Tiba di Rusia

Seperti yang diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Kim Jong Un berkunjung ke Rusia guna bertemu dengan Putin.

Kim Jong Un disebut akan meminta bantuan ekonomi dan teknologi militer dari Rusia sebagai imbalan untuk persenjataan yang akan digunakan dalam perang Rusia di Ukraina.

Setelah beberapa dekade hubungan yang rumit dan penuh ketegangan antara Rusia dan Korea Utara, hubungan kedua negara sekarang semakin dekat sejak invasi Moskow ke Ukraina pada tahun 2022. 


 

Hubungan yang semakin mendekat ini bermula dari kebutuhan Putin akan persediaan perang dan upaya Kim untuk memperkuat hubungan dengan sekutu tradisional Moskow dan Beijing sebagai bagian dari usahanya untuk keluar dari isolasi diplomat.

Dengan bantuan senjata perang dari Korea Utara, akan menjadi dorongan bagi Rusia dalam perang mereka dengan Ukraina yang masih terus berlangsung hingga saat ini.

Baca Juga: Terungkap, Ternyata Ini Alasan Kim Jong Un Naik Kereta Antipeluru ke Moskow Temui Putin



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x