Kompas TV internasional kompas dunia

Kim Jong Un Melihat Secara Dekat Pesawat Tempur Rusia dalam Tur Pabrik Senjata

Kompas.tv - 15 September 2023, 22:35 WIB
kim-jong-un-melihat-secara-dekat-pesawat-tempur-rusia-dalam-tur-pabrik-senjata
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, memandang cermat ke dalam kokpit pesawat tempur tercanggih Rusia Su-57 saat ia melakukan tur ke pabrik pesawat hari Jumat, (15/9/2023), dalam perjalanan panjang ke Rusia. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

SEOUL, KOMPAS.TV - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, memandang cermat ke dalam kokpit pesawat tempur tercanggih Rusia Su-57 saat ia melakukan tur ke pabrik pesawat dalam perjalanan panjang ke Rusia, pada Jumat (15/9/2023).

Sejak memasuki Rusia dengan kereta lapis bajanya pada Selasa (12/9), Kim bertemu dengan Presiden Vladimir Putin dan mengunjungi situs-situs senjata dan teknologi, yang menekankan hubungan yang semakin erat antara kedua negara yang terlibat dalam konfrontasi terpisah dengan Barat.

Pemerintah asing dan para ahli berspekulasi Kim kemungkinan akan memasok amunisi kepada Rusia untuk upaya perangnya di Ukraina sebagai imbalan atas penerimaan senjata atau teknologi canggih dari Rusia.

Pada Jumat ini, media negara Rusia mempublikasikan video yang menunjukkan kereta Kim tiba di stasiun di kota timur jauh Komsomolsk-on-Amur dan konvoi Kim bergerak keluar dari stasiun menuju pabrik pesawat kota tersebut.

Kabinet Rusia merilis video, menunjukkan Kim berdiri di atas platform melihat ke kokpit Su-57, pesawat tempur paling canggih Rusia, sambil mendengarkan pilotnya. Kim tersenyum dan bertepuk tangan ketika pesawat tempur Su-35 mendarat setelah penerbangan demonstrasi, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Jumat (15/9).

Menurut pernyataan Kabinet Rusia, Kim juga mengunjungi fasilitas yang memproduksi pesawat penumpang Sukhoi SJ-100. Pernyataan tersebut menyebutkan Kim ditemani oleh Wakil Perdana Menteri Denis Manturov.

"Kami menunjukkan salah satu pabrik pesawat terkemuka kami kepada pemimpin Korea Utara," kata Manturov dalam pernyataannya.

"Kami melihat potensi kerja sama dalam pembuatan pesawat dan industri lainnya, yang sangat penting untuk menyelesaikan tugas kedua negara kami dalam mencapai kedaulatan teknologi."

Selanjutnya, Kim akan ke Vladivostok untuk melihat armada Pasifik Rusia, sebuah universitas, dan fasilitas lainnya, kata Putin kepada media Rusia setelah pertemuan dengan Kim pada hari Rabu.

Baca Juga: Puji Pertemuan Kim Jong-Un-Putin, Tokoh Pro-Kremlin Semringah: Keberhasilan Diplomasi

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, saat berdialog dengan salah satu pilot  pesawat tempur tercanggih Rusia Su-57 saat ia melakukan tur ke pabrik pesawat tersebut, Jumat (15/9/2023). (Sumber: AP Photo)



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x