Kompas TV internasional kompas dunia

Tempur Antar Geng Kriminal di Swedia, 3 Orang Tewas dalam Penembakan dan Serangan Bom

Kompas.tv - 29 September 2023, 08:08 WIB
tempur-antar-geng-kriminal-di-swedia-3-orang-tewas-dalam-penembakan-dan-serangan-bom
Tiga orang tewas dalam kejadian terpisah di Swedia hari Rabu malam waktu Swedia, (27/9/2023) saat perseteruan antara geng kriminal semakin memburuk, menjadikan September sebagai bulan paling mematikan dalam sejarah kekerasan senjata api di negara ini. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

STOCKHOLM, KOMPAS.TV - Tiga orang tewas dalam kejadian terpisah di Swedia hari Rabu malam waktu Swedia, (27/9/2023) saat perseteruan antara geng kriminal semakin memburuk, menjadikan September sebagai bulan paling mematikan dalam sejarah kekerasan senjata api di negara ini.

Dilaporkan dua geng sedang bertarung terkait narkoba dan senjata, dan bulan ini melihat peningkatan tajam dalam penembakan fatal di negara Eropa utara ini, yang memiliki tingkat kejahatan yang relatif rendah dan dianggap sebagai tempat tinggal yang sangat aman.

Rabu malam, (27/9/2023), seorang pria berusia 18 tahun ditembak mati di pinggiran Stockholm. Beberapa jam kemudian, satu orang tewas dan lainnya terluka dalam penembakan di Jordbro, di selatan ibu kota Swedia.

Pada dini hari Kamis, (28/9/2023) seorang wanita berusia 20-an tewas dalam ledakan di Uppsala, barat Stockholm, yang dianggap sebagai pembunuhan oleh polisi. Media Swedia mengatakan wanita yang meninggal kemungkinan bukan korban yang dimaksud dan sasaran sebenarnya adalah rumah di sebelahnya.

Setidaknya dua dari tiga kematian terkait dengan perseteruan antara kelompok kriminal, demikian dilaporkan media Swedia.

Dua geng — salah satunya dipimpin oleh warga ganda Swedia-Turki yang tinggal di Turki, yang lainnya oleh mantan letnannya — dilaporkan bertarung terkait narkoba dan senjata.

Komisioner Polisi Nasional Anders Thornberg hari Kamis mengatakan perseteruan geng ini "merupakan ancaman serius terhadap keamanan dan ketertiban negara."

Sepanjang tahun 2022, 116 orang di Swedia kehilangan nyawa akibat kekerasan mematikan, meliputi pembunuhan, pembunuhan berencana, dan serangan dengan akibat fatal, menurut Dewan Nasional Swedia untuk Pencegahan Kejahatan.

Penembakan fatal terbaru membawa jumlah kematian akibat kekerasan senjata api hanya pada bulan September menjadi 11, seperti yang dicatat oleh penyiar Swedia SVT. Hal ini menjadikan bulan ini sebagai bulan paling mematikan akibat penembakan sejak polisi mulai mencatat statistik pada tahun 2016.

Baca Juga: Swedia Tuduh Rusia Kompori Dunia Terkait Pembakaran Al-Qur'an: biar Kami Ditolak NATO

Tiga orang tewas dalam kejadian terpisah di Swedia hari Rabu malam waktu Swedia, (27/9/2023) saat perseteruan antara geng kriminal semakin memburuk, menjadikan September sebagai bulan paling mematikan dalam sejarah kekerasan senjata api di negara ini. (Sumber: AP Photo)

Berbicara hari Kamis di saluran TV4 Swedia, Menteri Kehakiman Swedia Gunnar Strömmer mengatakan, "Ini adalah perkembangan yang sangat tragis. Saya memahami orang merasakan kemarahan, ketakutan, dan kesedihan."

Magdalena Andersson, pemimpin Partai Demokrat Sosial oposisi, mendesak agar militer dikirim. Dia mengatakan kepada radio Swedia militer dapat membantu membebaskan polisi dengan melaksanakan beberapa tugas transportasi dan penjagaan.

Strömmer mengatakan, "tidak relevan untuk menggelar militer," tetapi dia bersedia mendengarkan semua pihak dalam menyelesaikan gelombang kekerasan ini.

Empat orang ditahan atas dugaan keterlibatan dalam penembakan fatal di Jordbro. Polisi mengatakan dua orang ditangkap terkait ledakan di Uppsala, yang begitu keras sehingga fasad dua rumah hancur.

Gelombang ledakan ini bisa dirasakan oleh stasiun pemantau seismik sekitar 20 kilometer jauhnya, kata agen berita TT.

"Kami mengasumsikan mereka yang terkena kejadian ini tidak ada hubungannya dengan konflik nasional," kata Catarina Bowall, perwira senior polisi Uppsala.

"Ini adalah salah satu ledakan terburuk di daerah ini," kata Ulf Johansson, kepala polisi setempat. Uppsala, sekitar 60 kilometer (37 mil) utara Stockholm, menjadi tempat banyak penembakan dan ledakan terkait perseteruan.

Minggu ini, dua ledakan besar menghantam permukiman di pusat Swedia, melukai setidaknya tiga orang dan merusak bangunan.

Pemerintah sayap kanan memperketat undang-undang untuk mengatasi kejahatan terkait geng, sementara kepala polisi Swedia mengatakan geng yang berperang membawa gelombang kekerasan "belum pernah terjadi sebelumnya" ke negara ini.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x