Kompas TV internasional kompas dunia

Kongres AS Kini Tanpa Ketua, Sementara Pemerintah Hanya Punya Dana Hingga November, Apa Selanjutnya?

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 10:51 WIB
kongres-as-kini-tanpa-ketua-sementara-pemerintah-hanya-punya-dana-hingga-november-apa-selanjutnya

 

Kongres AS dilanda kekacauan dan kebingungan setelah upaya faksi sayap kanan kubu partai Republik di Kongres untuk mencopot rekan Republik Kevin McCarthy dari jabatan ketua berhasil berkat dukungan dari kubu Demokrat. Namun apa yang akan terjadi selanjutnya? (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

 

Kongres AS dilanda kekacauan dan kebingungan setelah upaya faksi sayap kanan kubu partai Republik di Kongres untuk mencopot rekan Republik Kevin McCarthy dari jabatan ketua berhasil berkat dukungan dari kubu Demokrat. Namun apa yang akan terjadi selanjutnya? (Sumber: AP Photo)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Kongres AS dilanda kekacauan dan kebingungan setelah upaya faksi sayap kanan kubu partai Republik di Kongres mencopot rekan Republik Kevin McCarthy dari jabatan ketua,  berhasil berkat dukungan dari kubu Demokrat.

Resolusi yang berjudul "mosi untuk mengosongkan jabatan" dari anggota Kongres faksi sayap kanan kubu Republik Matt Gaetz, disetujui hari Selasa dalam pemungutan suara 216 setuju dan 210 menolak, hasil dukungan delapan anggota Partai Republik faksi sayap kanan dan seluruh anggota kongres kubu Demokrat yang hadir.

Pemungutan suara tersebut membuat McCarthy menjadi ketua Kongres pertama dalam sejarah yang dicopot dari jabatannya, suatu penghinaan pahit yang datang setelah kurang dari sembilan bulan menjabat.

McCarthy setelah pemungutan suara menegaskan ia tidak akan mencalonkan diri untuk jabatan itu lagi. Ini adalah hasil yang mengejutkan di Kongres yang menggemparkan legislator dari kedua partai dan membuat mereka bertanya-tanya apa yang akan terjadi di masa depan.

Kekacauan di Kongres AS juga akan mempengaruhi situasi dunia, karena pemerintah AS bekerja memenuhi kepentingan nasionalnya berdasarkan perintah dan anggaran yang diputuskan oleh Kongres dan Senat. Apalagi, pemerintah AS saat ini hanya punya anggaran hingga bulan November untuk tetap bekerja, berdasarkan kesepakatan hari Minggu, (30/9/2023). 

Bila pada bulan November Kongres AS tetap kacau dan pemerintah AS kehabisan anggaran untuk bekerja, hal itu akan mempengaruhi banyak hal di dunia, termasuk krisis di Ukraina.

Anggota Kongres partai Republik Patrick McHenry, yang kini menjadi Ketua Kongres sementara, menyatakan Kongres dalam masa reses atau istirahat sampai kedua partai dapat memutuskan langkah selanjutnya. Sekarang, setelah McCarthy memutuskan untuk tidak mencalonkan diri lagi, belum ada calon pengganti yang jelas untuk memimpin mayoritas Republik di Kongres.

Berikut adalah pandangan lebih dekat tentang apa yang bisa terjadi selanjutnya, seperti laporan Associated Press, Rabu, (4/10/2023).

Baca Juga: Kongres AS Lumpuh Usai Pecat Ketuanya Kevin McCarthy Lewat Voting, Dimotori Faksi Partainya Sendiri

Kongres AS dilanda kekacauan dan kebingungan setelah upaya faksi sayap kanan kubu partai Republik di Kongres untuk mencopot rekan Republik Kevin McCarthy dari jabatan ketua berhasil berkat dukungan dari kubu Demokrat. Namun apa yang akan terjadi selanjutnya? (Sumber: Office of the Clerk of US Congress)

Siapa Sekarang yang Memimpin Kongres AS?

Segera setelah pemungutan suara, McHenry, sekutu dekat McCarthy, ditunjuk sebagai ketua sementara atau ketua pro tempore. Anggota Partai Republik North Carolina ini dipilih dari daftar anggota yang dapat mengisi posisi ini secara sementara jika kursi ketua Kongres AS kosong.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x